Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru TK Santa Lusia diKeuskupan Agung Medan

Banjarnahor, Saloma (2024) Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru TK Santa Lusia diKeuskupan Agung Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226132005_Cover.pdf] Text
8226132005_Cover.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8226132005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226132005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 8226132005_Abstrak.pdf] Text
8226132005_Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 8226132005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226132005_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8226132005_Daftar_Isi.pdf] Text
8226132005_Daftar_Isi.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 8226132005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226132005_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8226132005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226132005_Daftar_Gambar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8226132005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226132005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 8226132005_BAB_I.pdf] Text
8226132005_BAB_I.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of 8226132005_BAB_II.pdf] Text
8226132005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8226132005_BAB_III.pdf] Text
8226132005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226132005_BAB_IV.pdf] Text
8226132005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8226132005_BAB_V.pdf] Text
8226132005_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 8226132005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226132005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 8226132005_Lampiran.pdf] Text
8226132005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga: pertama, untuk membuat model supervisi akademik yang memanfaatkan situs web yang dapat diakses melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka meningkatkan kompetensi guru TK Santa Lusia di Keuskupan Agung Medan. Kedua, untuk menentukan apakah model tersebut layak, dan ketiga, untuk menerapkan model tersebut dengan menguji dan mengimplementasikannya. Untuk menjamin penerapan praktisnya dan sesuai dengan persyaratan kelayakan, model yang dibuat dibuat dengan cermat. Pendekatan berdasarkan penelitian dan pengembangan digunakan untuk melakukan investigasi ini. Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi adalah lima fase yang membentuk model penelitian dan pengembangan ADDIE. Lima puluh guru dari TK Santa Lusia di Keuskupan Agung Medan berpartisipasi dalam penelitian ini. Satu Taman Kanak-Kanak di Keuskupan Agung Medan bernama TK Santa Lusia menjadi lokasi penelitian. Untuk memperoleh informasi tersebut, Peneliti mengandalkan survei dan observasi langsung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan mengikuti lima langkah ADDIE analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi Model Supervisi Akademik Berbasis TIK berhasil meningkatkan kompetensi profesional guru TK Santa Lusia di Keuskupan Agung Medan. Elemen utama model ini adalah sebagai berikut: (a) keakraban dengan struktur mata pelajaran, pendekatan ilmiah, dan materi yang relevan; (b) kompetensi dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi mata pelajaran; (c) pembuatan rencana pelajaran yang kreatif untuk mata pelajaran tersebut; (d) praktik reflektif untuk pengembangan profesional berkelanjutan; dan (e) penggunaan TIK untuk pertumbuhan pribadi. Kompetensi profesional guru meningkat sebesar 90,48 persen setelah ahli website mengevaluasi kelayakan produk Supervisi Akademik Berbasis TIK. Keempat asesor tersebut masing-masing memberikan nilai kelayakan yang berbeda, yaitu Ahli Materi: 99,05%, Ahli Desain: 81,82%, Asesor 1: 94,00%, dan Asesor 2: 84,00%. Model supervisi akademik berbasis TIK yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di TK Santa Lusia. Hasil uji N-Gain pada siklus II sebesar 0,723 (72,34%) menunjukkan efektivitas model ini, meskipun sedikit menurun dari siklus I (73,30%). Dengan variasi nilai N-Gain antara 46,15% hingga 88,89%, model ini konsisten memberikan peningkatan yang signifikan pada kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan, guru TK Santa Lusia di Keuskupan Agung Medan dapat memanfaatkan model supervisi akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diterapkan melalui media daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Ban p
Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional Guru, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:07
Last Modified: 19 Jun 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62520

Actions (login required)

View Item
View Item