Barus, Asmawati (2012) KONTRIBUSI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER AKADEMIK SISWA DI SMA YAPIM NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121052 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108121052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108121052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108121052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
108121052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108121052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
108121052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108121052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108121052_BAB I.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108121052_BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
108121052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah karakter akademik siswa lebih tinggi sesudah diberikan bimbingan kelompok dari pada sebelum diberikan bimbingan kelompok terhadap siswa kelas XII IPS 1 SMA YAPIM Namorambe tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter akademik siswa melalu kegiatan bimbingkan kelompok di SMA YAPIM Jl.Besar Namorambe Desa Tang kahan Kec. Namorambe. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII SMA YAPIM Namorambe Tahun Ajaran 2012/2013, sedangkan subjek dalam penelitian ini siswa kelas XII SMA YAPIM Namorambe sebanyak 12 orang siswa yang ditentukan secara purposive sample, terdiri dari 10 siswa yang memiliki masalah tentang karakter akademik dan 2 orang siswa yang memiliki karakter akademik dengan baik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu, dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang karkater akademik siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah bimbingan kelompok untuk mengetahui pre-test dan pos-test. Teknik analisis data menggunakan uji t yaitu untuk melihat apakah ada peningkatan karkater akademik siswa setelah diberikan bimbingan kelompok.Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap karakter akademik siswa Hal ini memberikan makna bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah karkater akademik siswa. Hasil dibuktikan dari hasil pengujiaan hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 5,09 > 2,201 pada taraf 5%, dan dari hasil angket sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata skor karakter akademik siswa sebesar 82 dan setelah diberikan bimbingan kelompok selama 5 kali pertemuan dari hasil pemberian angket (postes)meningkat dengan rata-rataprolehan skor sebesar 97,3 (97,3>82).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Bar k |
Keywords: | Pendidikan;Sekolah;Layanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6246 |