Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Industri Di SMK Negeri 1 Merdeka

Gultom, Robi Aditya (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Industri Di SMK Negeri 1 Merdeka. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192431007_Cover.pdf] Text
5192431007_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5192431007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192431007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 5192431007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192431007_Kata_Pengantar.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 5192431007_Abstrak.pdf] Text
5192431007_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 5192431007_Daftar_Isi.pdf] Text
5192431007_Daftar_Isi.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 5192431007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192431007_Daftar_Tabel.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 5192431007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192431007_Daftar_Gambar.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 5192431007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192431007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 5192431007_BAB_I.pdf] Text
5192431007_BAB_I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 5192431007_BAB_II.pdf] Text
5192431007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192431007_BAB_III.pdf] Text
5192431007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192431007_BAB_IV.pdf] Text
5192431007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[thumbnail of 5192431007_BAB_V.pdf] Text
5192431007_BAB_V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 5192431007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192431007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 5192431007_Lampiran.pdf] Text
5192431007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan ialah posttest only control design. Populasi dalam penelitian yang dilakukan yaitu seluruh siswa kelas X TEI SMK N 1 Merdeka Kabupaten Karo yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas X TEI-1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem
based learning dan kelas X TEI-2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 35 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat melakukan post-test yaitu pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 77,35 sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 71,14,
sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning; ekspositori; hasil belajar;
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:20
Last Modified: 18 Jun 2025 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62455

Actions (login required)

View Item
View Item