Sembiring, Herdi Perdana (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Self Directed Learning Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5192131004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Cover.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 5192131004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (841kB)
![[thumbnail of 5192131004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 5192131004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Abstrak.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 5192131004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Daftar_Isi.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 5192131004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Daftar_Tabel.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 5192131004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 5192131004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_BAB_I.pdf
Download (601kB)
![[thumbnail of 5192131004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5192131004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5192131004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
![[thumbnail of 5192131004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_BAB_V.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 5192131004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 5192131004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192131004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Salah satu komponen penting yang menentukan untuk terjadinya proses belajar adalah guru dan model atau metode pembelajaran yang memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memperlajari materi pembelajaran, sehingga
pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan metode pembelajaran self directed learning dengan pendekatan sains teknologi Masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan yang beralamat di Jl. Timor No. 36, Gaharu kota Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X
TITL dan sampel penelitian ini kelas X TITL-1 dan kelas X TITL-3 dengan metode pengambilan sampel yakni random sampling. Dimana kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL-3 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan metode kuantitatif. Dilaksankan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Bentuk desain penelitian ini pos test only desain control
yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda yang terlebih dahulu sudah di uji validasi dan realiabilitas. Dari analisis perhitungan data, diperoleh hasil belajar kelas eksperimen
yaitu nilai rata-rata pos test = 73,23 dengan standar devisa 12,25.sedangkan kelas ontrol nilai rata-rata pos test = 66,87 dengan standar devisa 17,32. Hasil analisis
data dengan Tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa, Dimana diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 1,692> 1,672. Dari perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan
siswa yang diajarkan dengan menggunkan metode pembelajaran Self Directed Learning dengan pendekatan sains teknologi Masyarakat lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajakan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode pembelajaran; Self Directed Learning (SDL); Hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62444 |