Sitompul, Elixs Tua (2024) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kontruksi Gedung Dan Sanitasi Kelas XI DPIB SMKN 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5192411008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Cover.pdf
Download (359kB)
![[thumbnail of 5192411008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 5192411008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Kata_Pengantar.pdf
Download (383kB)
![[thumbnail of 5192411008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Abstrak.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 5192411008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Daftar_Isi.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 5192411008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Daftar_Tabel.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 5192411008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Daftar_Gambar.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 5192411008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 5192411008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_BAB_I.pdf
Download (996kB)
![[thumbnail of 5192411008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (892kB)
![[thumbnail of 5192411008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (856kB)
![[thumbnail of 5192411008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
![[thumbnail of 5192411008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_BAB_V.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 5192411008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 5192411008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kontruksi Gedung Dan Sanitasi Kelas XI DPIB SMKN 5 Medan. Berdasarkan nilai ulangan harian Konstruksi Gedung dan Sanitasi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 MEDAN masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai standar KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Direct Instructions dengan model SAVI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal Essay sebanyak 7 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Konstruksi Gedung dan Sanitasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instructions. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI 84,71% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Direct Instructions 73,66%. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran SAVI dibuktikan dengan analisis statistik uji-t satu pihak yang menunjukkan thitung 4,732 > ttabel 1,667. Pada model pembelajaran SAVI siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling komunikasi antar siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model Direct Instructions menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual); Direct Instructions; Hasil Belajar; Konstruksi Gedung; Sanitasi |
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62435 |