Christin, Anata Bella (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183111022_Cover.pdf
Download (77kB)
5183111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (201kB)
5183111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (654kB)
5183111022_Abstrak.pdf
Download (676kB)
5183111022_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
5183111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (294kB)
5183111022_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
5183111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (216kB)
5183111022_BAB_I.pdf
Download (2MB)
5183111022_BAB_II.pdf
Download (9MB)
5183111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
5183111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
5183111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
5183111022_BAB_V.pdf
Download (646kB)
5183111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (722kB)
5183111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan rendahnya nilai siswa XI BKP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran estimasi biaya. Menyikapi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penelitian dengan adanya peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya. Tutor sebaya (peer teaching) adalah sebuah model dalam pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam pengetahuan serta mengembangkan kemampuan mengajar melalui perannya sebagai tutor yang dipilih oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart.
Penelitian ini dilakuakan di kelas XI BKP dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini mengukur bidaj kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Temuannya menunjukkan adanya peningkatan sikap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dimana pada siklus I dengan rata-rata komulatif kelas 75.5% dengan kategori cukup kompeten dan pada siklus II dengan rata-rata komulatif kelas 82,5% dengan kategori kompeten. Melalui tutor sebaya, siswa dapat memperoleh pengalaman belajar secara langsung, menjadikan pembelajaran lebih santai dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil yang diperoleh, disarankan agar guru menggunakan model tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran tutor sebaya; Peer teaching; Estimasi biaya |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:52 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 03:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62406 |
