Zega, Mercy Kharistin (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Makanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5182240003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Cover.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (615kB)
![[thumbnail of 5182240003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Abstrak.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5182240003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5182240003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5182240003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_BAB_V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5182240003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 5182240003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182240003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Pelayanan makanan di rumah sakit yang berkualitas diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien rawat inap, jika hal ini terpenuhi maka akan menimbulkan rasa puas akan pelayanan makanan yang diterima (Pratama, 2020). Semakin tinggi kepuasan pasien, semakin baik kualitas pelayanan makanan yang diterima. Pelayanan makanan diukur menggunakan dimensi yaitu tangibles (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (Jaminan), empathy (empati) (Potter, 2012). Kepuasan pasien dibagi dalam beberapa indikator yaitu kriteria makanan, penyajian makanan dan kinerja petugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1). karakteristik responden, 2). kualitas pelayanan makanan, 3). kepuasan pasien 4) Hubungan kualitas pelayanan makanan dengan kepuasan pasien. Lokasi penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman. Waktu penelitian dimulai pada Agustus-Oktober 2023. Populasi dalam penelitian ini merupakan pasien rawat inap dengan kriteria inklusi adalah penderita penyakit diabetes melitus (DM), umur ≥15 tahun dan lama dirawat minimal dalam 2 hari dengan sampel sebanyak 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data secara deskripsi data, dengan uji rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan makanan termasuk dalam kategori tidak baik yaitu 52.5% hal ini didukung oleh indikator tangible, responsiveness, assurance dan empathy yang hasil penelitiannya menunjukkan kualitas pelayanan makanan dalam kategori tidak baik. Selanjutnya, kepuasan pasien termasuk dalam kategori tidak puas yaitu 55,9% hal ini didukung oleh indikator kriteria makanan, penyajian makanan dan kinerja petugas yang banyak mendapat penilaian tidak puas oleh responden. Hasil uji rank spearman terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan makanan dengan kepuasan pasien dengan nilai korelasi sebesar 0,420 dan nilai p-value (0,001). Artinya dalam penelitian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan makanan yang tidak baik dapat mengakibatkan kepuasan pasien menurun. Kesimpulannya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan makanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan Makanan, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Teknik > Gizi |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:31 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62319 |