Yanti, Nora Friska (2012) TANGGAPAN GURU PAUD TERHADAP DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.
108141021_COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108141021_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108141021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108141021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
108141021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108141021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108141021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108141021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
108141021_BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
108141021_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108141021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah 1) Anak tidak dapat mengelola emosi dengan baik. 2) Anak mengalami proses belajar yang salah dalam ruang lingkup kecerdasan emosional. 3) Guru di sekolah masih lebih mementingkan IQ dari pada EQ. 4) Guru kurang menstimulasi kecerdasan emosi anak usia dini. 5) Guru PAUD kurang memahami teori dari konsep DAP dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap DAP dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini di PAUD Kecamatan Berastagi.
Teori yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Tanggapan sebagai salah satu fungsi jiwa yang pokok dapat diartikan sebagai gambaran ingatan dari pengamatan, ketika objek yang telah diamati tidak lagi berada dalam ruang dan waktu pengamatan. Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam bahasa Indonesia adalah “ Pendidikan yang patut dan menyenangkan”. Tiga dimiensi dalam konsep DAP adalah (1) Patut menurut umur (2) Patut menurut lingkungan sosial dan budaya, dan (3) Patut secara individual,
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi penelitian adalah 71 orang dan sampel dalam penelitian 50 % dari populasi yaitu 35 orang dari guru PAUD di Berastagi. Intrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan teknik persentase.
P = x100%
Dengan persentase perhitungan pada guru PAUD dapat diketahui bahwa 60% guru PAUD sangat merasakan manfaat DAP dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini sedangkan 32%guru PAUD hanya sedikit merasakan manfaatnya dan 8% guru PAUD beranggapan tidak merasakan manfaat apabila DAP diterapkan di PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.071 Yan t |
Keywords: | Tanggapan;Kecerdasan;Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6229 |