Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Siswa Kelas VIII SMPN 2 Galang

Rangkuti, Ridha Annisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Siswa Kelas VIII SMPN 2 Galang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193311030_Cover.pdf] Text
2193311030_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2193311030_Abstrak.pdf] Text
2193311030_Abstrak.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 2193311030_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193311030_Kata_Pengantar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2193311030_Daftar_Isi.pdf] Text
2193311030_Daftar_Isi.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2193311030_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193311030_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 2193311030_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193311030_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 2193311030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193311030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 2193311030_BAB_I.pdf] Text
2193311030_BAB_I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 2193311030_BAB_II.pdf] Text
2193311030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of 2193311030_BAB_III.pdf] Text
2193311030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[thumbnail of 2193311030_BAB_IV.pdf] Text
2193311030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of 2193311030_BAB_V.pdf] Text
2193311030_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2193311030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193311030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2193311030_Lampiran.pdf] Text
2193311030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran ARIAS
(Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) terhadap kemampuan
menulis teks ulasan film siswa kelas VIII SMPN 2 Galang tahun ajaran 2022/2023.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yaitu sebanyak 154 orang,
sedangkan sampel berjumlah 30 orang pada kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan
30 orang pada kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan
penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan two
group posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan menulis teks ulasan film
pada siswa kelas VIII-C (kelas kontrol) SMPN 2 Galang dengan menggunakan
model konvensional berada pada kategori kurang baik dengan rata-rata 53,13 dari
30 siswa. 2) kemampuan menulis teks ulasan film pada siswa kelas VIII-A (kelas
eksperimen) SMPN 2 Galang dengan menggunakan model ARIAS berada pada
kategori sangat baik dengan rata-rata 91,93% dari 30 siswa. Dengan demikian,
dapat dikatakan dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis teks
ulasan film kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3)
berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung = 9,170 dan t tabel = 1,67155,
sehingga diperoleh t hitung > t tabel atau 9,170 > 1,67155 serta hipotesis penelitian
Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran ARIAS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks
ulasan film pada siswa VIII SMPN 2 Galang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks Ulasan Film; Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:31
Last Modified: 16 Jun 2025 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62284

Actions (login required)

View Item
View Item