Pengaruh Penggunaan Strategi LIPIRTUP terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 24 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Sinaga, Magdalena Shinta (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi LIPIRTUP terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 24 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111039_Cover.pdf] Text
2193111039_Cover.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 2193111039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 2193111039_Abstrak.pdf] Text
2193111039_Abstrak.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2193111039_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111039_Kata_Pengantar.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 2193111039_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111039_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 2193111039_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111039_Daftar_Tabel.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2193111039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2193111039_BAB_I.pdf] Text
2193111039_BAB_I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 2193111039_BAB_II.pdf] Text
2193111039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of 2193111039_BAB_III.pdf] Text
2193111039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of 2193111039_BAB_IV.pdf] Text
2193111039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 2193111039_BAB_V.pdf] Text
2193111039_BAB_V.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 2193111039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 2193111039_Lampiran.pdf] Text
2193111039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LIPIRTUP (Lihat,
Pilih, Renungkan, Tuangkan, dan Publikasikan) terhadap keterampilan menulis
cerpen siswa kelas VII SMPN 24 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi
pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 24 Medan dengan jumlah
352 siswa, sebanyak 11 kelas. Dari 352 siswa, ditetapkan sebanyak 31 siswa untuk
dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan
berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” data
yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis cerpen
sebelum menggunakan strategi LIPIRTUP tergolong dalam kategori sangat kurang
dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 33,80, keterampilan siswa dalam menulis
cerpen setelah menggunakan strategi LIPIRTUP tergolong dalam kategori sangat
kurang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 41,06. Selanjutnya, pengujian
hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 4,3214 > 1,69913, maka hipotesis nihil
(H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengaruh; strategi LIPIRTUP; cerpen; siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:42
Last Modified: 16 Jun 2025 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62271

Actions (login required)

View Item
View Item