Sinaga, Magdalena Shinta (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi LIPIRTUP terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 24 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
2193111039_Cover.pdf
Download (237kB)
2193111039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (917kB)
2193111039_Abstrak.pdf
Download (185kB)
2193111039_Kata_Pengantar.pdf
Download (376kB)
2193111039_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
2193111039_Daftar_Tabel.pdf
Download (120kB)
2193111039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (119kB)
2193111039_BAB_I.pdf
Download (490kB)
2193111039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
2193111039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
2193111039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
2193111039_BAB_V.pdf
Download (97kB)
2193111039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (223kB)
2193111039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LIPIRTUP (Lihat,
Pilih, Renungkan, Tuangkan, dan Publikasikan) terhadap keterampilan menulis
cerpen siswa kelas VII SMPN 24 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi
pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 24 Medan dengan jumlah
352 siswa, sebanyak 11 kelas. Dari 352 siswa, ditetapkan sebanyak 31 siswa untuk
dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan
berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” data
yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis cerpen
sebelum menggunakan strategi LIPIRTUP tergolong dalam kategori sangat kurang
dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 33,80, keterampilan siswa dalam menulis
cerpen setelah menggunakan strategi LIPIRTUP tergolong dalam kategori sangat
kurang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 41,06. Selanjutnya, pengujian
hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 4,3214 > 1,69913, maka hipotesis nihil
(H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengaruh; strategi LIPIRTUP; cerpen; siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:42 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 04:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62271 |
