IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA

Gulo, Yiska Hairani (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131008_Cover.pdf] Text
4203131008_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4203131008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4203131008_Abstrak.pdf] Text
4203131008_Abstrak.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 4203131008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131008_Kata_Pengantar.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 4203131008_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131008_Daftar_Isi.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 4203131008_BAB_I.pdf] Text
4203131008_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131008_BAB_V.pdf] Text
4203131008_BAB_V.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4203131008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Evaluasi Pengetahuan Awal (EPA) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dinyatakan dalam bentuk Evaluasi Hasil Belajar (EHB) menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning (DL) terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Materi Termokimia. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Methodist Tanjung Morawa T.A 2023/2024 dengan seluruh kelas XI PSP sebagai populasi dan kelas XI PSP yang mengambil mata Pelajaran Kimia di hari kamis yang diperoleh dengan teknik purposive sampling sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah paradigma ganda dengan dua variabel bebas, yaitu: EPA dan LKPD, serta satu variabel terikat yaitu: EHB. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini adalah EPA, LKPD, dan EHB sebanyak 25 butir soal yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya dan instrument nontest berupa lembar pengamatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara EPA dan LKPD terhadap EHB. Dari uji independent t-test, yang sudah dilakukan, peserta didik dengan EPA tinggi memperoleh EHB lebih tinggi daripada peserta didika dengan EPA rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.36 Gul i
Keywords: Discovery learning; Keterampilan generik sains; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:02
Last Modified: 05 Jun 2025 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62223

Actions (login required)

View Item
View Item