Gulo, Yiska Hairani (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Cover.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 4203131008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 4203131008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Abstrak.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 4203131008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Kata_Pengantar.pdf
Download (831kB)
![[thumbnail of 4203131008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Daftar_Isi.pdf
Download (666kB)
![[thumbnail of 4203131008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_BAB_V.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 4203131008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Evaluasi Pengetahuan Awal (EPA) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dinyatakan dalam bentuk Evaluasi Hasil Belajar (EHB) menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning (DL) terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Materi Termokimia. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Methodist Tanjung Morawa T.A 2023/2024 dengan seluruh kelas XI PSP sebagai populasi dan kelas XI PSP yang mengambil mata Pelajaran Kimia di hari kamis yang diperoleh dengan teknik purposive sampling sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah paradigma ganda dengan dua variabel bebas, yaitu: EPA dan LKPD, serta satu variabel terikat yaitu: EHB. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini adalah EPA, LKPD, dan EHB sebanyak 25 butir soal yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya dan instrument nontest berupa lembar pengamatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara EPA dan LKPD terhadap EHB. Dari uji independent t-test, yang sudah dilakukan, peserta didik dengan EPA tinggi memperoleh EHB lebih tinggi daripada peserta didika dengan EPA rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.36 Gul i |
Keywords: | Discovery learning; Keterampilan generik sains; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:02 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62223 |