PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI ANIMALIA (SUB VERTEBRATA) KELAS X DI SMA NEGERI 2 MEDAN T.P. 2022/2023

Natalia, Tria Sekar (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI ANIMALIA (SUB VERTEBRATA) KELAS X DI SMA NEGERI 2 MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183141065_Cover.pdf] Text
4183141065_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4183141065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 4183141065_Abstrak.pdf] Text
4183141065_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4183141065_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141065_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4183141065_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141065_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4183141065_BAB_I.pdf] Text
4183141065_BAB_I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4183141065_BAB_V.pdf] Text
4183141065_BAB_V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4183141065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183141065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (484kB)

Abstract

Satu materi yang tergolong sulit dipahami siswa kelas X dalam pembelajaran biologi adalah materi Animalia. Materi Animalia juga tergolong sulit dikarenakan materi ini memiliki ruang lingkup dengan banyak sub bab pembahasan yang meliputi organisme Invertebrata dan Vertebrata, Siswa mengalami kesulitan dalam menghafal bahasa latin yang digunakan dalam penulisan tingkat takson, akibatnya siswa menjadi kurang termotivasi dalam memahami materi Animalia lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media pembelajaran berbasis android yang mencakup: petunjuk penggunaan aplikasi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran yang berisikan gambar dan video yang mendukung, rangkuman materi, serta evaluasi. pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi Kingdom Animalia (Sub Vertebrata) di SMA Negeri 2 Medan, dengan menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu; tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Tingkat kelayakan aplikasi media pembelajaran dilakukan melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media serta didukung dengan respon dari guru dan peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media dikategorikan “Sangat Layak” dengan masing-masing persentase 91, 6% dan 90%. Sementara respon guru dan respon siswa juga dikategorikan “Baik” dengan masing-masig persentas 96,8% dan 97, 6%. Hal ini didukung dengan uji efektifitas yang dilakukan pada ranah kognitif (pretest dan postest). Pada ranah kognitif menunjukkan nilai yang baik yakni memiliki perbedaan antara kemampuan awal (pretest) dan kemampuan akhir (posttest) dengan rata-rata nilai 61,1 menjadi 85,56 dengan kategori N-Gain “sedang” (62,85%) dengan deskripsi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 596.071 2 Nat p
Keywords: Android; Animalia; Vertebrata; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2025 07:14
Last Modified: 22 May 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62209

Actions (login required)

View Item
View Item