AB, Rusdiman (2024) Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Profesional Learning Community dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SMA di Kabupaten Bireuen. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216113001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Cover.pdf
Download (742kB)
![[thumbnail of 8216113001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216113001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216113001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216113001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Daftar_Isi.pdf
Download (870kB)
![[thumbnail of 8216113001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Daftar_Tabel.pdf
Download (760kB)
![[thumbnail of 8216113001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Daftar_Gambar.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 8216113001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (440kB)
![[thumbnail of 8216113001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_BAB_I.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 8216113001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216113001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216113001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi Guru PAI di SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community, mengetahui kelayakan model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community, dan untuk mengetahui efektivitas implementasi model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PAI SMA di Kabupaten Bireuen. Metode penelitian Research and Development (R&D) melalui model Plomp dengan 5 (lima) langkah yaitu fase investigasi, desain, realisasi, test dan evaluasi. dan implementasi dengan melakukan uji coba model. Dokumentasi, Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan test. Teknik analisis data adalah analisis mix methode yaitu penelitian pendahuluan dengan Kualitatif dan analisis data uji coba model menggunakan kuantitatif. Kelayakan model diuji melalui validasi ahli dan uji coba pengguna. Penelitian dilaksanakan di seluruh SMA di Kabupaten Bireuen pada bulan Juli 2023 sampai bulan Desember 2023. Subyek penelitian sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil ujicoba model ditemukan: 1) Langkah-langkah Pengembangan model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community yaitu berpusat pada guru, kooperatif, kolaboratif dan jelas; 2) kelayakan model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community adalah sangat layak yang diperoleh melalui uji kelayakan ahli materi sebesar 99,5% (sangat layak), ahli media 83,75 % (sangat layak), dan uji coba pengguna sebesar 81,06 (sangat layak); 3) efektivitas model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community adalah efektif meningkatkan kompetensi profesional guru PAI SMA di Kabupaten Bireuen dengan rata-rata N- gain> 55 katergori efektif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model supervisi Akademik berbasis Profesional Learning community efektif dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI SMA di Kabupaten Bireuen.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Rus p |
Keywords: | Supervisi, Akademik; Kompetensi profesional,Profesional Learning Community(PLC) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:09 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62196 |