Saragih, Sri Rahmah Dewi (2024) Pengembangan Model Pembelajaran SPRINT Pada Mata Kuliah Microteaching di FKIP Universitas Asahan. Doctoral thesis, UNIMED.
8176124012_Cover.pdf
Download (1MB)
8176124012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8176124012_Abstrak.pdf
Download (1MB)
8176124012_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
8176124012_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
8176124012_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
8176124012_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
8176124012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
8176124012_BAB_I.pdf
Download (5MB)
8176124012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32MB)
8176124012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
8176124012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
8176124012_BAB_V.pdf
Download (3MB)
8176124012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (7MB)
8176124012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (45MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengembangkan model pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kompetensi keterampilan praktik mengajar mahasiswa di bidang profesi keguruan di Universitas asahan. Populasi penelitian adalah mahasiswa FKIP semester VI yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 356 orang dan pengambilan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala linkert. Data penelitian diolah dengan menggunakan uji validasi, kepraktisan dan keefektifan produk. Selain mengembangkan model pembelajaran, produk yang dihasilkan melalui penelitian ini juga berupa buku model pembelajaran SPRINT, buku ajar, buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui hasil uji validasi konstruk sintaks model pembelajaran SPRINT adalah valid. Berdasarkan hasil validasi produk maka diperoleh persentase nilai rata-rata validasi buku model yaitu 90,5, nilai rata-rata validasi buku ajar 99%, nilai rata rata validasi buku panduan dosen 89% dan persentase rata-rata validasi buku panduan mahasiswa yaitu 88,2%, berdasarkan hasil persentase rata-rata validasi produk dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan pada penelitian ini memenuhi kriteria valid. dan pada uji keraktisan yang dilakukan dengan TCR berkategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan model pembelajaran SPRINT menunjukkan kriteria efektif digunakan. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil uji kepraktisan keempat produk penelitian menunjukkan bahwa produk-produk penelitian sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.38 Sar p |
| Keywords: | Microteaching, Model Pembelajaran SPRINT, Keterampilan Dasar Mengajar |
| Subjects: | L Education > LA History of education > LA173 Higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 07 May 2025 04:50 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 04:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62183 |
