Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aplikasi Diferensial Dan Integral

Silitonga, Rustani (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aplikasi Diferensial Dan Integral. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226172023_Cover.pdf] Text
8226172023_Cover.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 8226172023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226172023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172023_Abstrak.pdf] Text
8226172023_Abstrak.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 8226172023_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226172023_Kata_Pengantar.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 8226172023_Daftar_Isi.pdf] Text
8226172023_Daftar_Isi.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 8226172023_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226172023_Daftar_Tabel.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of 8226172023_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226172023_Daftar_Gambar.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8226172023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226172023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8226172023_BAB_I.pdf] Text
8226172023_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226172023_BAB_V.pdf] Text
8226172023_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226172023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aplikasi diferensial dan integral ; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat pembelajaran dengan model contextual teaching learning pada materi aplikasi diferensial dan integral yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Define (Definisi), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aplikasi diferensial dan integral yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid menurut para ahli, dan dari hasil uji coba I dan uji coba II perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan perangkat pembelajaran dengan model contextual teaching learning pada materi aplikasi diferensial dan integral yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba sebesar 0,43 meningkat menjadi 0,49 pada tahap Implementasi, artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515.3 Sil p
Keywords: Pengembangan, Perangkat, Contextual, Pemecahan, Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 01:54
Last Modified: 07 May 2025 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62176

Actions (login required)

View Item
View Item