Irmaya, Nia (2024) Pengembangan Media E-Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
8206172031_Cover.pdf
Download (294kB)
8206172031_Abstrak.pdf
Download (1MB)
8206172031_Kata_Pengantar.pdf
Download (842kB)
8206172031_Daftar_Isi.pdf
Download (554kB)
8206172031_Daftar_Tabel.pdf
Download (558kB)
8206172031_Daftar_Gambar.pdf
Download (281kB)
8206172031_BAB_I.pdf
Download (7MB)
8206172031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8206172031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206172031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8206172031_BAB_V.pdf
Download (1MB)
8206172031_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8206172031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam, bahwa terdapat guru yang belum memaksimalkan perancangan, pengembangan, dan pemanfaatan media khususnya media e-komik yang belum pernah diterapkan. Serta kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media E-Komik berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta (3) menganalisis peningkatan minat belajar siswa menggunakan media E-Komik berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Intrument yang digunakan dalam pengembangan media E-komik berupa RPP, LKPD, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Angket Minat Belajar Siswa. Adapun hasil penelitian ialah bahwa media e-komik memenuhi kriteria valid dengan skor 4,69, kemudian media e-komik dilakukan uji coba untuk mendapatkan media yang praktis dan efektif sehingga memenuhi kriteria praktis dengan skor 88,95, dan media e-komik memenuhi kriteria efektif dengan skor 87,79. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diukur dari N-gain terhadap uji coba pengembangan yang dilakukan mengukur sebanyak dua kali terhadap prestest dengan posstest I dengan rata-rata N-gain sebesar 0,33 dalam kategori sedang, kemudian terhadap posstest I dan posstest II dengan rata-rata N gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Selanjutnya peningkatan terhadap minat belajar siswa dengan mengukur terhadap pretest dan posttest dengan rata-rata N gain sebesar 0,6 dalam kategori sedang. Berdasarakan hasil N-gain tersebut dinyatakan bahwasanya media e-komik berbasis Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Irm p |
| Keywords: | Media E-Komik; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Minat Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 07 May 2025 01:00 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 10:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62171 |
