Pengembangan Media E-Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam

Irmaya, Nila (2024) Pengembangan Media E-Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172031_Cover.pdf] Text
8206172031_Cover.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8206172031_Abstrak.pdf] Text
8206172031_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172031_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172031_Kata_Pengantar.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 8206172031_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172031_Daftar_Isi.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 8206172031_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172031_Daftar_Tabel.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 8206172031_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172031_Daftar_Gambar.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8206172031_BAB_I.pdf] Text
8206172031_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8206172031_BAB_V.pdf] Text
8206172031_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam, bahwa terdapat guru yang belum memaksimalkan perancangan, pengembangan, dan pemanfaatan media khususnya media e-komik yang belum pernah diterapkan. Serta kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media E-Komik berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta (3) menganalisis peningkatan minat belajar siswa menggunakan media E-Komik berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Intrument yang digunakan dalam pengembangan media E-komik berupa RPP, LKPD, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Angket Minat Belajar Siswa. Adapun hasil penelitian ialah bahwa media e-komik memenuhi kriteria valid dengan skor 4,69, kemudian media e-komik dilakukan uji coba untuk mendapatkan media yang praktis dan efektif sehingga memenuhi kriteria praktis dengan skor 88,95, dan media e-komik memenuhi kriteria efektif dengan skor 87,79. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diukur dari N-gain terhadap uji coba pengembangan yang dilakukan mengukur sebanyak dua kali terhadap prestest dengan posstest I dengan rata-rata N-gain sebesar 0,33 dalam kategori sedang, kemudian terhadap posstest I dan posstest II dengan rata-rata N gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Selanjutnya peningkatan terhadap minat belajar siswa dengan mengukur terhadap pretest dan posttest dengan rata-rata N gain sebesar 0,6 dalam kategori sedang. Berdasarakan hasil N-gain tersebut dinyatakan bahwasanya media e-komik berbasis Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Irm p
Keywords: Media E-Komik; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 01:00
Last Modified: 07 May 2025 01:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62171

Actions (login required)

View Item
View Item