Pengembangan Buku Matematika Berbasis PMR dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa MTs Muhammadiyah 09 Sipirok

Siregar, Latifah Angraini (2024) Pengembangan Buku Matematika Berbasis PMR dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa MTs Muhammadiyah 09 Sipirok. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226171010_Cover.pdf] Text
8226171010_Cover.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 8226171010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226171010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171010_Abstrak.pdf] Text
8226171010_Abstrak.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 8226171010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226171010_Kata_Pengantar.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 8226171010_Daftar_Isi.pdf] Text
8226171010_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226171010_Daftar_Tabel.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 8226171010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226171010_Daftar_Gambar.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 8226171010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226171010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8226171010_BAB_I.pdf] Text
8226171010_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226171010_BAB_V.pdf] Text
8226171010_BAB_V.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of 8226171010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226171010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil validasi ahli, menemukan kepraktisan, menemukan keefektifan buku matematika yang dikembangkan berbasis PMR serta melihat peningkatan kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan pembelajaran berbasis PMR. Pengembangan ini memanfaatkan cerita rakyat sebagai media pengantar materi matematika. Cerita rakyat merupakan salah satu media pengantar yang potensial untuk dikombinasikan dengan PMR. Salah satunya adalah cerita rakyat “Nai Marbittang” yang terkenal di daerah Tapanuli Selatan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket uji kepraktisan, angket tes motivasi, pretest, dan posttest. Analisis data penelitian menggunakan uji rata-rata, uji t berpasangan, uji wilcoxon, serta n-gain skor. Hasil penilaian ahli materi dengan rata-rata 43.5 berada pada kategori sangat baik dan penilaian ahli media 42 berada pada kategori sangat baik maka buku matematika yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan ditemukan bahwa siswa menyukai cerita buku tersebut, siswa mudah memahami petunjuk penggunaan buku, siswa dapat mengikuti materi dan permasalahan yang disajikan pada buku, siswa termotivasi membaca buku dan tidak bosan, dan siswa mudah membawa buku tersebut kemanapun karena ukurannya tipis dan ringan maka buku matematika yang telah dikembangkan dapat dinyatakan praktis. Hasil skor n-gain kemampuan literasi numerasi yaitu 0.39 dan skor n-gain motivasi belajar siswa yaitu 0.68 maka buku matematika yang telah dikembangkan memberi peningkatan terhadap kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa yang berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sir p
Keywords: Buku Matematika; Literasi Numerasi; Motivasi Belajar; PMR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 May 2025 09:00
Last Modified: 06 May 2025 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62168

Actions (login required)

View Item
View Item