Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa DI SMA Negeri 1 Gebang

Silalahi, Joshua Pandapotan (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa DI SMA Negeri 1 Gebang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172006_Cover.pdf] Text
8216172006_Cover.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 8216172006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216172006_Abstrak.pdf] Text
8216172006_Abstrak.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 8216172006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172006_Kata_Pengantar.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 8216172006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172006_Daftar_Isi.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 8216172006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172006_Daftar_Tabel.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 8216172006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172006_Daftar_Gambar.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 8216172006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 8216172006_BAB_I.pdf] Text
8216172006_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8216172006_BAB_V.pdf] Text
8216172006_BAB_V.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 8216172006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan kefektifan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inkuiri berbantuan Geogebra yang dikembangkan untuk meningkatkan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Development Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang, Jl. Diponogoro, Pekan Gebang, Kec. Gebang, Kab. Langkat, Sumatera Utara 20856 pada siswa kelas XI Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat yang dikembangkan valid dengan (a) hasil validasi rata-rata RPP sebesar 4,34, bahan ajar sebesar 4,23, Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 4,24, tes kemampuan penalaran matematis sebesar 4,18. 2) Perangkat yang dikembangkan dikategorikan praktis dengan hasil Skor uji coba I dengan rata- rata 3,07 (kategori “Sedang”) Sedangkan pada uji coba II Rata-rata adalah 4,04 dengan kategori “Tinggi”; 3) perangkat yang dikembangkan dikategorikan efektif karena (a) Ketercapaian tes akhir kemampuan Penalaran Matematis siswa pada uji coba I adalah sebesar 52% dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa (58,33%) dinyatakan tuntas dan uji coba II 30 siswa tuntas atau sebesar 83,34%. (b) skor angket respon siswa pada uji coba I sebesar 89% dan pada uji coba II sebesar 95%. 4) adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan hasil skor 0,28 (0,3 < N-Gain ≤0,7).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.154.028 507 2 Sil p
Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Inkuiri, Penalaran, Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 May 2025 08:45
Last Modified: 06 May 2025 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62167

Actions (login required)

View Item
View Item