Silalahi, Joshua Pandapotan (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa DI SMA Negeri 1 Gebang. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216172006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Cover.pdf
Download (308kB)
![[thumbnail of 8216172006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 8216172006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Abstrak.pdf
Download (643kB)
![[thumbnail of 8216172006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Kata_Pengantar.pdf
Download (720kB)
![[thumbnail of 8216172006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Daftar_Isi.pdf
Download (837kB)
![[thumbnail of 8216172006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Daftar_Tabel.pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of 8216172006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Daftar_Gambar.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 8216172006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 8216172006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 8216172006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_BAB_V.pdf
Download (925kB)
![[thumbnail of 8216172006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan kefektifan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inkuiri berbantuan Geogebra yang dikembangkan untuk meningkatkan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Development Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang, Jl. Diponogoro, Pekan Gebang, Kec. Gebang, Kab. Langkat, Sumatera Utara 20856 pada siswa kelas XI Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat yang dikembangkan valid dengan (a) hasil validasi rata-rata RPP sebesar 4,34, bahan ajar sebesar 4,23, Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 4,24, tes kemampuan penalaran matematis sebesar 4,18. 2) Perangkat yang dikembangkan dikategorikan praktis dengan hasil Skor uji coba I dengan rata- rata 3,07 (kategori “Sedang”) Sedangkan pada uji coba II Rata-rata adalah 4,04 dengan kategori “Tinggi”; 3) perangkat yang dikembangkan dikategorikan efektif karena (a) Ketercapaian tes akhir kemampuan Penalaran Matematis siswa pada uji coba I adalah sebesar 52% dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa (58,33%) dinyatakan tuntas dan uji coba II 30 siswa tuntas atau sebesar 83,34%. (b) skor angket respon siswa pada uji coba I sebesar 89% dan pada uji coba II sebesar 95%. 4) adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan hasil skor 0,28 (0,3 < N-Gain ≤0,7).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.154.028 507 2 Sil p |
Keywords: | Pengembangan, Pembelajaran, Inkuiri, Penalaran, Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 May 2025 08:45 |
Last Modified: | 06 May 2025 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62167 |