Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Problem-Based Learning Berbasis Budaya Batak Toba untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa

Simangunsong, Ita Pratiwi (2024) Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Problem-Based Learning Berbasis Budaya Batak Toba untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226172003_Cover.pdf] Text
8226172003_Cover.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 8226172003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226172003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226172003_Kata_Pengantar.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of 8226172003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226172003_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226172003_Daftar_Tabel.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 8226172003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226172003_Daftar_Gambar.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 8226172003_BAB_I.pdf] Text
8226172003_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226172003_BAB_V.pdf] Text
8226172003_BAB_V.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of 8226172003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226172003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa di SMP Negeri 1 Simanindo; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui e-modul yang dikembangkan; 3) peningkatan self-efficacy siswa melalui e modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Dari hasil uji implementasi diperoleh: 1) e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain meningkat menjadi 0,506, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain meningkat menjadi 0,338, artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sim p
Keywords: E-Modul, PBL, Budaya Batak Toba, Pemecahan Masalah, Self efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2025 03:06
Last Modified: 05 May 2025 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62163

Actions (login required)

View Item
View Item