Simangunsong, Ita Pratiwi (2024) Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Problem-Based Learning Berbasis Budaya Batak Toba untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226172003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Cover.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of 8226172003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Kata_Pengantar.pdf
Download (838kB)
![[thumbnail of 8226172003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Daftar_Tabel.pdf
Download (727kB)
![[thumbnail of 8226172003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Daftar_Gambar.pdf
Download (726kB)
![[thumbnail of 8226172003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_BAB_I.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 8226172003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_BAB_V.pdf
Download (846kB)
![[thumbnail of 8226172003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa di SMP Negeri 1 Simanindo; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui e-modul yang dikembangkan; 3) peningkatan self-efficacy siswa melalui e modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Dari hasil uji implementasi diperoleh: 1) e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain meningkat menjadi 0,506, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan e-modul model PBL berbasis Budaya Batak Toba yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain meningkat menjadi 0,338, artinya berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sim p |
Keywords: | E-Modul, PBL, Budaya Batak Toba, Pemecahan Masalah, Self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62163 |