Mayasari, Fitria (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206172025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Cover.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 8206172025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 8206172025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Abstrak.pdf
Download (657kB)
![[thumbnail of 8206172025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206172025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Daftar_Isi.pdf
Download (692kB)
![[thumbnail of 8206172025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Daftar_Tabel.pdf
Download (694kB)
![[thumbnail of 8206172025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Daftar_Gambar.pdf
Download (417kB)
![[thumbnail of 8206172025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (696kB)
![[thumbnail of 8206172025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_BAB_I.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 8206172025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_BAB_V.pdf
Download (954kB)
![[thumbnail of 8206172025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206172025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kevalidan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 2) Kepraktisan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 3) Keefektifan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penggunaan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 5) Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan penggunaan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid; 2) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria praktis; 3) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria efektif; 4) Kemampuan representasi matematis menggunakan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang telah dikembangkan meningkat dilihat dari nilai N-gain sebesar 0,45 artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 5) Kemandirian belajar siswa menggunakan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang telah dikembangkan meningkat dilihat dari nilai N-gain sebesar 0,42 artinya berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 May p |
Keywords: | modul, geogebra, model ADDIE, kemampuan representasi matematis, kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:43 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62160 |