Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA

Mayasari, Fitria (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172025_Cover.pdf] Text
8206172025_Cover.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 8206172025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8206172025_Abstrak.pdf] Text
8206172025_Abstrak.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 8206172025_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172025_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172025_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172025_Daftar_Isi.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 8206172025_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172025_Daftar_Tabel.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 8206172025_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172025_Daftar_Gambar.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 8206172025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 8206172025_BAB_I.pdf] Text
8206172025_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8206172025_BAB_V.pdf] Text
8206172025_BAB_V.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of 8206172025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kevalidan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 2) Kepraktisan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 3) Keefektifan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penggunaan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan; 5) Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan penggunaan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid; 2) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria praktis; 3) Modul pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria efektif; 4) Kemampuan representasi matematis menggunakan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang telah dikembangkan meningkat dilihat dari nilai N-gain sebesar 0,45 artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 5) Kemandirian belajar siswa menggunakan modul pembelajaran berbantuan geogebra yang telah dikembangkan meningkat dilihat dari nilai N-gain sebesar 0,42 artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 May p
Keywords: modul, geogebra, model ADDIE, kemampuan representasi matematis, kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 09:43
Last Modified: 02 May 2025 09:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

View Item
View Item