Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMAN 7 Medan

Safitri, Dhiena (2024) Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMAN 7 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172016_Cover.pdf] Text
8216172016_Cover.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 8216172016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8216172016_Abstrak.pdf] Text
8216172016_Abstrak.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of 8216172016_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172016_Kata_Pengantar.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of 8216172016_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172016_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216172016_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172016_Daftar_Tabel.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 8216172016_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172016_Daftar_Gambar.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 8216172016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 8216172016_BAB_I.pdf] Text
8216172016_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8216172016_BAB_V.pdf] Text
8216172016_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216172016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Validitas bahan ajar pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa; 2) Kepraktisan bahan ajar pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa; 3) Keefektifan proses pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa; 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; 5) Pencapaian Self-efficacy siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research). Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama, pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua menguji cobakan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas X IPS SMAN 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para profesional dengan kategori layak digunakan; 2) Bahan ajar pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dinyatakan praktis dan bermanfaat oleh para profesional dengan kategori layak digunakan dan dapat diterapkan; 3) Proses pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis masalah memenuhi kategori efektif, ditinjau dari: a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 78,33 % dan uji coba II sebesar 85%, b) Ketercapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I dengan rata- rata 4,13 ( baik) Dan uji coba II sebesar 4,24 (baik); 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rataan N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing – masing sebesar 0,36 yang berada pada kategori rendah dan 0,44 yang berada pada kategori sedang; 5) Pencapaian Self-efficacy matematis siswa telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba ke II setelah pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Saf p
Keywords: Bahan ajar pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pengembangan Four-D, Kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 08:29
Last Modified: 02 May 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62152

Actions (login required)

View Item
View Item