Wuni, Diah Novika (2012) PENGARUH MUSIK TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI R.A. AL-MUCHTARYAH TANJUNG MORAWA T.A.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
108314006 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108314006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108314006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
108314006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108314006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108314006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108314006_BAB I.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108314006_BAB V.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108314006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Perkembangan emosi anak yang belum sesuai dengan idealnya perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun, (2) kurangnnya pemahaman guru dan orang tua dalam merangsang perkembangan emosi anak, (3) Musik kurang dimanfaatkan sebagai perangsang pengembangan emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh positif dan berarti antara pembelajaran dengan menggunakan media musikterhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun di R.A Al-Muchtaryah tanjung MorawaTahun Ajaran 2012/2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah : pengertian emosi, mekanisme emosi, jenis emosi, ekspresi emosi, pengertian perkembangan emosi, pengertian musik, unsur-unsur musik, instrumen-instrumen musik, dan karakter musik anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di R.A Al-Muchtaryah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 15 orang anak pada kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran dengan menggunakan media musik, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan observasi awal dan akhir, sebagai alat pengumpul data digunakan lembar observasi, yaitu untuk soal observasi awal dan akhir masing-masing sebanyak 4 indikator dengan deskriptor sebanyak 16. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data observasi akhir perkembangan emosi anak dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 berturut-turut diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,76 > 1,701 sehingga untuk uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata perkembangan emosi anak yang diajarkan dengan menggunakan media music lebih tinggi dari rata-rata perkembangan emosi anak yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang positif dan berarti antara pembelajaran dengan menggunakan musik terhadap pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wun p |
Keywords: | Mekanisme;Ekspresi;Hakikat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6212 |