Analisis Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Biodiversitas di Pedesaan dan Perkotaan Aceh

Sulaiman, Nanda Fahira (2024) Analisis Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Biodiversitas di Pedesaan dan Perkotaan Aceh. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226173002_Cover.pdf] Text
8226173002_Cover.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8226173002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226173002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 8226173002_Abstrak.pdf] Text
8226173002_Abstrak.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 8226173002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226173002_Kata_Pengantar.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8226173002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226173002_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 8226173002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226173002_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 8226173002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226173002_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 8226173002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226173002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8226173002_BAB_I.pdf] Text
8226173002_BAB_I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8226173002_BAB_V.pdf] Text
8226173002_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8226173002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226173002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah merupakan hal penting dalam pembelajaran Biologi. Wilayah pedesaan dan perkotaan memiliki kondisi alam yang berbeda, sehingga perlu untuk dilakukan analisis terkait kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik tingkat SMA di pedesaan dan perkotaan serta hubungan kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap personalitas peserta didik. Metode pada penelitian adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data untuk tes kognitif dan keterampilan proses sains berupa pilihan ganda sesuai dengan taksonomi bloom serta pada tes sikap ilmiah berupa pernyataan bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik di perkotaan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 57% dan di pedesaan sebesar 37% dengan kategori kurang baik, keterampilan proses sains peserta didik di perkotaan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 57% di perkotaan dan di pedesaan sebesar 34% dengan kategori kurang baik serta sikap ilmiah peserta didik di perkotaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 71% dengan kategori baik dan di pedesaan sebesar 67% dengan kategori baik. Secara signifikan, terdapat perbedaan kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik SMA di pedesaan dan perkotaan provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Sul a
Keywords: Kognitif, Keterampilan proses sains, Sikap ilmiah, Wilayah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:09
Last Modified: 28 Apr 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62111

Actions (login required)

View Item
View Item