Maulina, Lesta (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI PAUD DAHLIA INDAH LAUT DENDANG PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314014_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108314014_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
108314014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
108314014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108314014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
108314014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108314014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108314014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108314014_BAB I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
108314014_BAB V.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
108314014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : (1) guru kurang memahami arti pentingnya pengembangan kreativitas, (2) kurang bervariasinya upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kegiatan menggambar dalam mengembangkan kreativitas anak di PAUD, (2) mengembangkan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan menggambar di PAUD Dahlia Indah. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan menggambar untuk mengembangkan kreativitas anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan datanya adalah lembar observasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah diajarkan dengan kegiatan menggambar pada tema alat komunikasi, dimana guru hanya bercerita macam-macam alat komunikasi kepada anak-anak. Dari hasil penelitian terdapat sebanyak 2 orang anak (8,6%) tergolong sangat kreatif, 5 orang anak (21,8%) tergolong kreatif, 8 orang anak (34,8%) tergolong cukup kreatif dan 8 orang anak (34,8%) tergolong kurang kreatif. Hal ini berarti kegiatan menggambar yang dilakukan pada siklus I kurang berhasil, karena masih terdapat 34,8% anak yang kurang kreatif, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan tetap melakukan kegiatan menggambar, pada siklus II ini guru menjelaskan bentuk-bentuk dari macam-macam alat komunikasi dan memberikan contoh gambar macam-macam alat komunikasi tersebut. Setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukan adanya peningkatan pengembangan kreativitas anak dibandingkan pada siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat kreatif meningkat menjadi 5 orang anak (21,8%), sedangkan anak yang tergolong kreatif meningkat menjadi 10 orang anak (43,5%), sedangkan anak tergolong cukup kreatif menurun atau berkurang menjadi 6 orang anak (26,1%) dan anak yang tergolong kurang kreatif menurun atau berkurang sebanyak 2 (8,6%) orang anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menggambar dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di PAUD Dahlia Indah Laut Dendang Percut Sei Tuan Deli Serdang T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mau u |
Keywords: | Pendidikan;Pendukung;Penghambat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6210 |