PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE E DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA

Sitanggang, Silvia Azahra (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE E DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131013_Cover.pdf] Text
4201131013_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4201131013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4201131013_Abstrak.pdf] Text
4201131013_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4201131013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131013_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4201131013_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131013_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4201131013_BAB_I.pdf] Text
4201131013_BAB_I.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4201131013_BAB_V.pdf] Text
4201131013_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4201131013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan Model Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 7E serta minat belajar tinggi dan rendah berbantuan media powerpoint pada materi asam basa, serta melihat interaksi antara model
pembelajaran dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 4 Kisaran. Sampel diambil secara purposif sampling sebanyak 2 kelas dengan total keseluruhan sampel sebanyak 48 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANNAVA dua jalur. Untuk model Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 7E harga Fhitung 7,044 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata
hasil belajar siswa yang diberi model Learning Cycle 5E dengan Learning Cycle 7E pada materi asam basa. Pada minat belajar yang tinggi dan rendah Fhitung 4,58 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa pada minat belajar tinggi dan minat belajar rendah pada materi asam basa. Selanjutnya untuk interaksi antara media dengan minat belajar diperoleh Fhitung 4,078 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 2 Sit p
Keywords: Learning cycle E; Minat belajar; Hasil belajar; Asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:56
Last Modified: 24 Apr 2025 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62096

Actions (login required)

View Item
View Item