Sanjaya, Aditya Putra (2024) Pengembangan Instrumen Tes Literasi dan Numerasi dalam Konteks Sosial dan Budaya pada Mata Pelajaran Fisika di SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182029_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Cover.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (860kB)
![[thumbnail of 8226182029_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Abstrak.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 8226182029_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Kata_Pengantar.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 8226182029_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Daftar_Isi.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 8226182029_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Daftar_Tabel.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 8226182029_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Daftar_Gambar.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 8226182029_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 8226182029_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_BAB_I.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of 8226182029_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_BAB_V.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 8226182029_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi dan numerasidalam konteks sosial dan budaya pada mata pelajaran fisika di SMA/MA yang memenuhi kualifikasi kelayakan baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan respon peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D), dengan menggunakan model 4D. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif, kualitas instrumen tes memenuhi kriteria valid dan efektif dengan indeks Aiken pada rentang 0,92 − 1,00. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan kualitas kelayakan butir tes tergolong baik. Berdasarkan uji kelompok besar diperoleh: (1) sebanyak 28 butir tes tergolong kategori valid dan layak. (2) Reliabilitas instrumen tes berada dalam rentang nilai 0,527 – 0,863. (3) Tingkat kesukaran butir tes berada dalam rentang nilai 0,31 – 0,70. (4) Daya pembeda butir tes berada dalam rentang nilai 0,30 – 0,49. (5) Respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan rata-rata persentase sebesar 86,86% kategori sangat baik. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes telah memenuhi kualifikasi kelayakan baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan respon peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.7 San p |
Keywords: | Instrumen Tes, Literasi dan Numerasi, Sosial dan Budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:18 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62086 |