Pengembangan Instrumen Tes Literasi dan Numerasi dalam Konteks Sosial dan Budaya pada Mata Pelajaran Fisika di SMA/MA

Sanjaya, Aditya Putra (2024) Pengembangan Instrumen Tes Literasi dan Numerasi dalam Konteks Sosial dan Budaya pada Mata Pelajaran Fisika di SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182029_Cover.pdf] Text
8226182029_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of 8226182029_Abstrak.pdf] Text
8226182029_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8226182029_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182029_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182029_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182029_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182029_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_I.pdf] Text
8226182029_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_V.pdf] Text
8226182029_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi dan numerasidalam konteks sosial dan budaya pada mata pelajaran fisika di SMA/MA yang memenuhi kualifikasi kelayakan baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan respon peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D), dengan menggunakan model 4D. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif, kualitas instrumen tes memenuhi kriteria valid dan efektif dengan indeks Aiken pada rentang 0,92 − 1,00. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan kualitas kelayakan butir tes tergolong baik. Berdasarkan uji kelompok besar diperoleh: (1) sebanyak 28 butir tes tergolong kategori valid dan layak. (2) Reliabilitas instrumen tes berada dalam rentang nilai 0,527 – 0,863. (3) Tingkat kesukaran butir tes berada dalam rentang nilai 0,31 – 0,70. (4) Daya pembeda butir tes berada dalam rentang nilai 0,30 – 0,49. (5) Respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan rata-rata persentase sebesar 86,86% kategori sangat baik. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes telah memenuhi kualifikasi kelayakan baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.7 San p
Keywords: Instrumen Tes, Literasi dan Numerasi, Sosial dan Budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:18
Last Modified: 22 Apr 2025 06:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62086

Actions (login required)

View Item
View Item