PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MOLYMOD DAN PLASTISIN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALKANA, ALKENA, ALKUNA DI MAN 2 MODEL MEDAN

Hasina, Nurul Arifah (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MOLYMOD DAN PLASTISIN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALKANA, ALKENA, ALKUNA DI MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131069_Cover.pdf] Text
4203131069_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203131069_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131069_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131069_Abstrak.pdf] Text
4203131069_Abstrak.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4203131069_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131069_Kata_Pengantar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203131069_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131069_Daftar_Isi.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4203131069_BAB_I.pdf] Text
4203131069_BAB_I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4203131069_BAB_V.pdf] Text
4203131069_BAB_V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203131069_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131069_Daftar_Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran molymod dan plastisin dengan model discovery learning terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI F MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 23 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposif sample sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan media molymod dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan media plastisin. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar alkana, alkena, alkuna berupa pilihan berganda. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas untuk mengetahui data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (dua pihak) untuk mengetahui pengaruh media dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,05 serta uji N-Gain untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh media dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar
siswa pada kelas eksperimen I lebih besar dibandingkan kelas eksperimen II dengan perbedaan rata-rata 4,750. Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media molymod dan media plastisin yaitu sebesar 76,5 dan 72,6 dikategorikan sangat tinggi dengan tafsiran efektif dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.122 52 Has p
Keywords: Molymod; Plastisin; Discovery learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:15
Last Modified: 22 Apr 2025 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62083

Actions (login required)

View Item
View Item