ANALISIS USABILITY DAN RESPONSIVENESS CHATBOT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA CUSTOMER SERVICE ECOMMERCE (STUDI KASUS: MAHASISWA BISNIS DIGITAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

SIHOTANG, RIRIS DEVINA THERESIA (2024) ANALISIS USABILITY DAN RESPONSIVENESS CHATBOT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA CUSTOMER SERVICE ECOMMERCE (STUDI KASUS: MAHASISWA BISNIS DIGITAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203250022_Cover.pdf] Text
7203250022_Cover.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 7203250022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203250022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203250022_Abstrak.pdf] Text
7203250022_Abstrak.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 7203250022_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203250022_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203250022_Daftar_Isi.pdf] Text
7203250022_Daftar_Isi.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of 7203250022_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203250022_Daftar_Gambar.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 7203250022_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203250022_Daftar_Tabel.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 7203250022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203250022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 7203250022_BAB_I.pdf] Text
7203250022_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7203250022_BAB_V.pdf] Text
7203250022_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203250022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203250022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana usability dan
responsiveness chatbot mempengaruhi customer satisfaction pada customer service
di e-commerce di kalangan mahasiswa program studi Bisnis Digital Universitas
Negeri Medan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan teknik purposive sampling, melibatkan 78 responden. Data dikumpulkan
melalui kuesioner yang menggunakan skala Likert, dan dianalisis secara statistik
dengan metode regresi berganda serta uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan
koefisien determinasi. Sebelum analisis utama dilakukan, data diuji untuk validitas,
reliabilitas, dan asumsi klasik. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi
29. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan, usability dan
responsiveness chatbot memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer
satisfaction pada customer service di e-commerce di kalangan mahasiswa program
studi Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai
Fhitung yang melebihi Ftabel pada tingkat signifikansi 5%. Pengaruh usability dan
responsiveness terhadap kepuasan pelanggan diukur dengan nilai R-square. Secara
individual, usability memiliki pengaruh signifikan terhadap customer service
dengan nilai thitung lebih besar dari t tabel, dan responsiveness juga menunjukkan
pengaruh signifikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Usability, Responsiveness, Customer Satisfaction, Chatbot, E-Commerce, Customer Service, Mahasiswa, Bisnis Digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Bisnis Digital
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:24
Last Modified: 24 Apr 2025 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62060

Actions (login required)

View Item
View Item