IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA

Sinamo, Happy Nina Nola Chrystine (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131035_Cover.pdf] Text
4203131035_Cover.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4203131035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 4203131035_Abstrak.pdf] Text
4203131035_Abstrak.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4203131035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131035_Kata_Pengantar.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 4203131035_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131035_Daftar_Isi.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4203131035_BAB_I.pdf] Text
4203131035_BAB_I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4203131035_BAB_V.pdf] Text
4203131035_BAB_V.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4203131035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal (EPA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS) Pada Materi Termokimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2022/2023, penelitian didesain secara Paradigma ganda dengan dua variabel bebas yaitu EPA dan LKPD dan satu varibael terikat yaitu EHB. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMAN 2 Percut Sei Tuan. Adapun sampel yang digunakan penelitian ini yaitu kelas XI B sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran EPA, LKPD dan EHB menggunakan Model Pembelajaran PBL Terintegrasi KGS. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 25 butir soal EPA, 15 butir soal LPKD dan 28 butir soal EHB dalam bentuk pilihan berganda yang telah
dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara EPA dan LKPD terhadap hasil belajar. Selain itu terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki EPA rendah dan EPA tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.36 Sin i
Keywords: Problem based learning; Keterampilan generik sains; Termokimia; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:20
Last Modified: 15 Apr 2025 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62015

Actions (login required)

View Item
View Item