Sitepu, Marini (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 107103 LANTASAN BARU T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111041_ COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111041_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
1113111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1113111041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1113111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113111041_BAB I.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1113111041_BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1113111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi transportasi. T.A 2014/2015.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tidakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 107103 Lantasan Baru T.A. 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitan ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada materi perkembangan teknologi transportasi yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretest, Post test siklus I dan Post test Siklus II dan lembar observasi digunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian, pada saat pretest diperoleh nilai rata-rata klasikal siswa sebesar 45 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 11,5% atau sebanyak 3 orang siswa tuntas. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran STAD terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 69,04 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 61,5% atau sebanyak 16 orang tuntas. Sedangkan aktifitas mengajar guru (peneliti) berdasarkan observasi yang dilakukan guru kelas IV-B tergolong cukup yaitu 70%, dan aktifitas belajar siswa berdasarkan observasi yang dilakukan teman sejawat tergolong cukup yaitu 67,5%. Pada siklus II, terlihat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 81,35 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,5% atau sebanyak 23 orang tuntas. Aktifitas mengajar yang dilakukan guru (peneliti) juga mengalami peningkatan menjadi 92,8% yang tergolong sangat baik. Bagitu pula dengan aktifitas siswa yang mengalami peningkatan menjadi 90%. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SDN 107103 Lantasan Baru T.A. 2014/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sit p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran Tipe STAD; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6201 |