siregar, siti aminah hs (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 105325 DALU X A TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311073 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 1123311073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM 1123311073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 1123311073 PREPACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 1123311073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 1123311073 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 1123311073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM1123311073 DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 1123311073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 1123311073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14. NIM 1123311073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
15. NIM 1123311073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Jigsaw di Kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa dengan jumlah 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A. penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat dilakukan pretest dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 8 orang siswa (26,67%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 22 siswa mendapat nilai tidak tuntas (73,33%) dengan nilai rata-rata 56,83. Pada siklus I terdapat sebanyak 14 orang siswa (46,67%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 16 orang siswa (53,33%) mendapat nilai tidak tuntasdengan rata-rata nilai 68,50. Sedangkan pada siklus II diperoleh sebanyak 28 orang siswa (93,33%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 orang siswa (6,67%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata nilai 84,67.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok persiapan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A Tanjung Morawa tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 087 |
Keywords: | Belajar ; Cooperative Jigsaw ; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6199 |