Manullang, Steffie Yuniarty Deonita (2016) PENGARUH CARA MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATAN PEROLEHAN NILAI ULANGAN HARIAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 060879 KRAKATAU – MEDAN TIMUR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1123311078 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM. 1123311078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
NIM. 1123311078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
NIM. 1123311078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
NIM. 1123311078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
NIM. 1123311078 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
NIM. 1123311078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM. 1123311078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
NIM. 1123311078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
NIM. 1123311078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM. 1123311078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara mengajar matematika dengan hypnoteaching terhadap peningkatan perolehan nilai ulangan harian siswa kelas VI SD Negeri 060879 Krakatau – Medan Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berbentuk control group pre-test-post-test. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu cara mengajar matematika dengan hypnoteaching dan variabel terikat yaitu perolehan nilai ulangan harian. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 060879 Krakatau – Medan Timur. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Kelas yang digunakan untuk sampel penelitian adalah kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pre-test post-test berbentuk pilihan berganda. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan hypnoteaching berpengaruh terhadap peningkatan perolehan nilai ulangan harian siswa kelas VI SD Negeri 060879 Krakatau – Medan Timur.
Berdasarkan hasil uji hipotesis data menggunakan rumus uji t, menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,284 dan ttabel sebesar 1,67 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, cara mengajar matematika dengan penerapan pendekatan hypnoteaching lebih baik dari pada cara mengajar matematika dengan penerapan pendekatan konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, cara mengajar matematika dengan hypnoteaching berpengaruh terhadap peningkatan perolehan nilai ulangan harian siswa kelas VI SD Negeri 060879 Krakatau – Medan Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 140 |
Keywords: | Matematika; Hypnoteaching;Bilangan Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:32 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6194 |