PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS TINGKAT PERSAINGAN OJEK ONLINE

Saputri, Annisa Nurul (2024) PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS TINGKAT PERSAINGAN OJEK ONLINE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203230026_Cover.pdf] Text
4203230026_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203230026_Abstrak.pdf] Text
4203230026_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203230026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203230026_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Isi.pdf] Text
4203230026_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203230026_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203230026_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203230026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_I.pdf] Text
4203230026_BAB_I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_V.pdf] Text
4203230026_BAB_V.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203230026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan penggunaan
aplikasi ojek online dan prediksi pangsa pasar mendatang. Jenis penelitian ini
bersifat kuantitatif dengan menggunakan data penggunaan tahun 2023 dan 2024
melalui kuesioner yang disebar kepada 200 mahasiswa-mahasiswi Universitas
Negeri Medan. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode rantai
markov untuk menemukan proporsi tingkat persaingan ojek online yaitu Gojek,
Grab, Maxim, dan Indrive dengan probabilitas perpindahan pelanggan hingga
keadaan seimbang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persaingan dalam industri ojek
online, dengan pengguna terbanyak yaitu Gojek 33% dengan alasan terbanyak
penggunaan karena promosi dan diskon, ketersediaan di lokasi tertentu, dan
kemudahan penggunaan aplikasi, disusul Indrive 32% dengan alasan penggunaan
terbanyak karena harga tarif dan kemudahan penggunaan aplikasi, Grab 29,5%
dengan alasan penggunaan terbanyak karena kualitas layanan, dan Maxim 5,5%
dengan alasan penggunaan terbanyak karena harga tarif. Prediksi pangsa pasar ojek
online berada dalam keadaan seimbang pada periode 11 atau 2036 dengan nilai
probabilitas terbesar yaitu dipimpin Gojek 0,3322054 atau 33,22054%, Indrive
0,3273669 atau 32,73669%. Grab 0,2988202 atau 29,88202%, dan Maxim
0,04160745 atau 4,160745%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rantai Markov, Tingkat Persaigan, Perpindahan Pelanggan, Aplikasi Ojek Online
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Apr 2025 02:34
Last Modified: 08 Apr 2025 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61860

Actions (login required)

View Item
View Item