PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS TINGKAT PERSAINGAN OJEK ONLINE

Saputri, Annisa Nurul (2024) PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS TINGKAT PERSAINGAN OJEK ONLINE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203230026_Cover.pdf] Text
4203230026_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203230026_Abstrak.pdf] Text
4203230026_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203230026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203230026_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Isi.pdf] Text
4203230026_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203230026_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203230026_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203230026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_I.pdf] Text
4203230026_BAB_I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_II.pdf] Text
4203230026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_III.pdf] Text
4203230026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_IV.pdf] Text
4203230026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[thumbnail of 4203230026_BAB_V.pdf] Text
4203230026_BAB_V.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4203230026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203230026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4203230026_Lampiran.pdf] Text
4203230026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan penggunaan aplikasi ojek online dan prediksi pangsa pasar mendatang. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data penggunaan tahun 2023 dan 2024 melalui kuesioner yang disebar kepada 200 mahasiswa-mahasiswi Universitas Negeri Medan. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode rantai markov untuk menemukan proporsi tingkat persaingan ojek online yaitu Gojek, Grab, Maxim, dan Indrive dengan probabilitas perpindahan pelanggan hingga keadaan seimbang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persaingan dalam industri ojek online, dengan pengguna terbanyak yaitu Gojek 33% dengan alasan terbanyak penggunaan karena promosi dan diskon, ketersediaan di lokasi tertentu, dan kemudahan penggunaan aplikasi, disusul Indrive 32% dengan alasan penggunaan terbanyak karena harga tarif dan kemudahan penggunaan aplikasi, Grab 29,5% dengan alasan penggunaan terbanyak karena kualitas layanan, dan Maxim 5,5% dengan alasan penggunaan terbanyak karena harga tarif. Prediksi pangsa pasar ojek online berada dalam keadaan seimbang pada periode 11 atau 2036 dengan nilai probabilitas terbesar yaitu dipimpin Gojek 0,3322054 atau 33,22054%, Indrive 0,3273669 atau 32,73669%. Grab 0,2988202 atau 29,88202%, dan Maxim 0,04160745 atau 4,160745%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rantai Markov; Tingkat persaigan; Perpindahan pelanggan; Aplikasi ojek online
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Apr 2025 02:34
Last Modified: 19 Aug 2025 06:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61860

Actions (login required)

View Item
View Item