Saputri, Annisa Nurul (2024) PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS TINGKAT PERSAINGAN OJEK ONLINE. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203230026_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Cover.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4203230026_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4203230026_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 4203230026_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 4203230026_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Daftar_Gambar.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 4203230026_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 4203230026_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 4203230026_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_BAB_I.pdf
Download (414kB)
![[thumbnail of 4203230026_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_BAB_V.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 4203230026_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203230026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan penggunaan
aplikasi ojek online dan prediksi pangsa pasar mendatang. Jenis penelitian ini
bersifat kuantitatif dengan menggunakan data penggunaan tahun 2023 dan 2024
melalui kuesioner yang disebar kepada 200 mahasiswa-mahasiswi Universitas
Negeri Medan. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode rantai
markov untuk menemukan proporsi tingkat persaingan ojek online yaitu Gojek,
Grab, Maxim, dan Indrive dengan probabilitas perpindahan pelanggan hingga
keadaan seimbang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persaingan dalam industri ojek
online, dengan pengguna terbanyak yaitu Gojek 33% dengan alasan terbanyak
penggunaan karena promosi dan diskon, ketersediaan di lokasi tertentu, dan
kemudahan penggunaan aplikasi, disusul Indrive 32% dengan alasan penggunaan
terbanyak karena harga tarif dan kemudahan penggunaan aplikasi, Grab 29,5%
dengan alasan penggunaan terbanyak karena kualitas layanan, dan Maxim 5,5%
dengan alasan penggunaan terbanyak karena harga tarif. Prediksi pangsa pasar ojek
online berada dalam keadaan seimbang pada periode 11 atau 2036 dengan nilai
probabilitas terbesar yaitu dipimpin Gojek 0,3322054 atau 33,22054%, Indrive
0,3273669 atau 32,73669%. Grab 0,2988202 atau 29,88202%, dan Maxim
0,04160745 atau 4,160745%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Rantai Markov, Tingkat Persaigan, Perpindahan Pelanggan, Aplikasi Ojek Online |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 02:34 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61860 |