PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 SUNGGAL

Dianty, Yassara Rizky Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141040_Cover.pdf] Text
4203141040_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4203141040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 4203141040_Abstrak.pdf] Text
4203141040_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4203141040_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141040_Kata_Pengantar.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 4203141040_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141040_Daftar_Isi.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4203141040_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141040_Daftar_Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4203141040_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141040_Daftar_Tabel.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4203141040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4203141040_BAB_I.pdf] Text
4203141040_BAB_I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4203141040_BAB_V.pdf] Text
4203141040_BAB_V.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4203141040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Memperhatikan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Sampel diambil menggunakan Teknik Purposive sampling, yaitu kelas X IPA 5 (Eksperimen) dan X IPA 1 (Kontrol). Kedua kelas menggunakan model pembelajaran berbasis projek, dengan perbedaan dalam pembentukan kelompok. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, sedangkan data keaktifan dikumpulkan melalui angket. Data diolah menggunakan Uji Mann-Whitney, dan Independent T-test. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi 0,00. N-Gain menunjukkan kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih merata (perbedaan 5,4%) dibandingkan kelas kontrol (20,6%). Model PjBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar karena memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik untuk mengkontruksi proyek sesuai dengan gaya belajar mereka yang menghubungkan teori dan praktik, meningkatkan pemahaman konsep dan mengingat informasi. Keaktifan peserta didik juga meningkat melalui kerja kelompok, diskusi, dan proyek nyata, meskipun pembentukan kelompok mungkin tidak signifikan meningkatkan keaktifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 07:05
Last Modified: 27 Mar 2025 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61855

Actions (login required)

View Item
View Item