Dianty, Yassara Rizky Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203141040_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Cover.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 4203141040_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (925kB)
![[thumbnail of 4203141040_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Abstrak.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 4203141040_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Kata_Pengantar.pdf
Download (703kB)
![[thumbnail of 4203141040_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Daftar_Isi.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 4203141040_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 4203141040_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of 4203141040_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 4203141040_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_BAB_I.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 4203141040_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_BAB_V.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 4203141040_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Memperhatikan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Sampel diambil menggunakan Teknik Purposive sampling, yaitu kelas X IPA 5 (Eksperimen) dan X IPA 1 (Kontrol). Kedua kelas menggunakan model pembelajaran berbasis projek, dengan perbedaan dalam pembentukan kelompok. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, sedangkan data keaktifan dikumpulkan melalui angket. Data diolah menggunakan Uji Mann-Whitney, dan Independent T-test. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi 0,00. N-Gain menunjukkan kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih merata (perbedaan 5,4%) dibandingkan kelas kontrol (20,6%). Model PjBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar karena memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik untuk mengkontruksi proyek sesuai dengan gaya belajar mereka yang menghubungkan teori dan praktik, meningkatkan pemahaman konsep dan mengingat informasi. Keaktifan peserta didik juga meningkat melalui kerja kelompok, diskusi, dan proyek nyata, meskipun pembentukan kelompok mungkin tidak signifikan meningkatkan keaktifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:05 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61855 |