PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 18 MEDAN

Simbolon, Sintia Anggela (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201141012_Cover.pdf] Text
4201141012_Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4201141012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201141012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 4201141012_Abstrak.pdf] Text
4201141012_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4201141012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201141012_Kata_Pengantar.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4201141012_Daftar_Isi.pdf] Text
4201141012_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4201141012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201141012_Daftar_Gambar.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4201141012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201141012_Daftar_Tabel.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4201141012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201141012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4201141012_BAB_I.pdf] Text
4201141012_BAB_I.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4201141012_BAB_V.pdf] Text
4201141012_BAB_V.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4201141012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201141012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kontrol pada tiap indikator. Desain penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 18 Medan. Sampel yang digunakan adalah Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-5 sebagai kelas kontrol. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis post-test kelas eksperimen dan kontrol adalah 80,68 ± 5,78; 76,36 ± 6,56. Hasil kemampuan berpikir kritis pada tiap indikator kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,65 dan 75,95. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dengan nilai Sig. 0,004 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis CRT terhadap kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut sedangkan pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan mengatur strategi dan taktik tidak terdapat perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:26
Last Modified: 27 Mar 2025 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61839

Actions (login required)

View Item
View Item