Simbolon, Sintia Anggela (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201141012_Cover.pdf
Download (146kB)
4201141012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (437kB)
4201141012_Abstrak.pdf
Download (262kB)
4201141012_Kata_Pengantar.pdf
Download (173kB)
4201141012_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
4201141012_Daftar_Gambar.pdf
Download (157kB)
4201141012_Daftar_Tabel.pdf
Download (219kB)
4201141012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (163kB)
4201141012_BAB_I.pdf
Download (111kB)
4201141012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
4201141012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
4201141012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
4201141012_BAB_V.pdf
Download (218kB)
4201141012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (238kB)
4201141012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kontrol pada tiap indikator. Desain penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 18 Medan. Sampel yang digunakan adalah Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-5 sebagai kelas kontrol. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis post-test kelas eksperimen dan kontrol adalah 80,68 ± 5,78; 76,36 ± 6,56. Hasil kemampuan berpikir kritis pada tiap indikator kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,65 dan 75,95. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dengan nilai Sig. 0,004 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis CRT terhadap kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut sedangkan pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan mengatur strategi dan taktik tidak terdapat perbedaan yang signifikan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem based learning; Culturally responsive teaching; Berpikir kritis; Keanekaragaman hayati |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:26 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 03:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61839 |
