PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI ELEKTRONIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nabila, Satria Putri (2024) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI ELEKTRONIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203341020_Cover.pdf] Text
4203341020_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4203341020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203341020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4203341020_Abstrak.pdf] Text
4203341020_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203341020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203341020_Kata_Pengantar.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4203341020_Daftar_Isi.pdf] Text
4203341020_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203341020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203341020_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4203341020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203341020_Daftar_Tabel.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4203341020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203341020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4203341020_BAB_I.pdf] Text
4203341020_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4203341020_BAB_V.pdf] Text
4203341020_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4203341020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203341020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik (e-UKBM) adalah salah satu perangkat pembelajaran elektronik yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-UKBM, respon guru terhadap e-UKBM dan tingkat efektivitas penggunaan e-UKBM. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 di MAN 3 Medan di Jalan Pertahanan No. 99, Medan Amplas Provinsi Sumatera Utara. Model pengembangan pada e-UKBM ini model ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini yaitu; Lembar Angket penilaian oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media; Lembar Angket respon guru bidang studi dan instrument tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik (e-UKBM) pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan dikategorikan sangat layak menurut ahli materi (93,75%) dan ahli pembelajaran (100%) sedangkan menurut ahli media dikategorikan cukup layak (75%). Respon guru bidang studi terhadap e-UKBM pada materi perubahan lingkungan dikategorikan sangat baik (94%). Efektivitas e-UKBM pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan terhadap hasil belajar dikategorikan cukup efektif (N-gain = 0,66).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik (e-UKBM), Perubahan Lingkungan, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:17
Last Modified: 27 Mar 2025 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61838

Actions (login required)

View Item
View Item