Amanda, Putri (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X SMAIS AN-NIZAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201141022_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4201141022_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (533kB)
![[thumbnail of 4201141022_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Abstrak.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 4201141022_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Kata_Pengantar.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 4201141022_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 4201141022_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Daftar_Gambar.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 4201141022_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Daftar_Tabel.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 4201141022_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4201141022_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_BAB_I.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 4201141022_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_BAB_V.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 4201141022_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201141022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasian Kurikulum Merdeka Belajar dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas X SMAIS AN-Nizam Medan dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang berjumlah 49 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket Implementasi Kurikulum Merdeka dan soal tes pilihan berganda bertaraf kognitif. Hasil analisis data yang diperoleh pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebesar 77%. Dengan persentase tiap indikator dijabarkan sebagai berikut: indikator Perencanaan 79%, indikator Pelaksanaan 76%, indikator Evaluasi persentasenya 75% dan indikator Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5) 78%. Sementara untuk tes soal Kemampuan Kognitif diperoleh hasil sebesar 68%. Dengan persentase tiap indikator dijabarkan sebagai berikut: indikator Mengingat (C1) 78%, indikator Memahami (C2) 73%; indikator Menerapkan (C3) 70%, indikator Menganalisis (C4) 62%, indikator Mengevaluasi (C5) 55%, indikator Mencipta (C6) sebesar 59%. Sehingga dapat disimpulkan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Bioteknologi Kelas X SMAIS An-Nizam Medan berkategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Kemampuan Kognitif, Bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:20 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61821 |