Ginting, Melisa Lili A (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SDN 101777 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311043 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 1123311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
3. NIM 1123311043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM 1123311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 1123311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 1123311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 1123311043 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM 1123311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10. NIM 1123311043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM 1123311043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
15, NIM 1123311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di kelas V SDN 101777 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 33 orang siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2015/2016. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru.
Dari pre test yang dilakukan maka hasil belajar siswa tergolong masih rendah, dari 33 orang siswa hanya 5 orang yang mendapat nilai tuntas atau sekitar 15,2%, dan yang mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 28 orang atau sekitar 84,8% dengan nilai rata-rata siswa sebesar 47. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana dari 33 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 17 orang atau sekitar 51,5%, dan 16 orang siswa atau sekitar 48,5% yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 70,8. Hasil observasi guru tergolong baik dengan nilai 71,25 begitu juga dengan hasil observasi siswa terolong cukup dengan nilai rata-rata 63,2. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran Scramble, hasil belajar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya, dimana dari 33 orang siswa terdapat 28 siswa yang mendapat nilai tuntas atau sekitar 84,8% dan sebanyak 5 orang siswa atau 15,2% yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata 88,9. Hasil observasi guru juga mengalami peningkatan di siklus II, dimana hasilnya terolong sangat baik dengan nilai87,5, begitu juga dengan hasil observasi siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,2 yang tergolong baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101777 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 113 |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran;IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LA History of education > LA173 Higher education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6182 |