ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA PEWARISAN SIFAT HUKUM MENDEL DI KELAS XII-2 DAN XII-3 SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2023/2024

Sinaga, Nisa Astriani (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA PEWARISAN SIFAT HUKUM MENDEL DI KELAS XII-2 DAN XII-3 SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171141029_Cover.pdf] Text
4171141029_Cover.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4171141029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171141029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4171141029_Abstrak.pdf] Text
4171141029_Abstrak.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4171141029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171141029_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4171141029_Daftar_Isi.pdf] Text
4171141029_Daftar_Isi.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4171141029_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171141029_Daftar_Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4171141029_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171141029_Daftar_Tabel.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 4171141029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171141029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 4171141029_BAB_I.pdf] Text
4171141029_BAB_I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4171141029_BAB_V.pdf] Text
4171141029_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4171141029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171141029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa
pada materi pola pewarisan sifat hukum mendel dari aspek kognitif dan indikator
pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru sebanyak 250 siswa. Sampel
penelitian ini diambil dari kelas XII-2 dan XII- 3 SMA Negeri 1 Kutalimbaru
sebanyak 63 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa
tes pilihan ganda dan angket kesulitan belajar. data dianalisis dengan teknik
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kesulitan
belajar siswa dari aspek kognitif yang tertinggi yaitu terdapat pada aspek kognitif
C3. Selanjutnya pada persentase tingkat kesulitan siswa pada indikator
pembelajaran yang paling tinggi terdapat pada indikator melakukan percobaan
dengan kancing/baling-baling genetika menurut hukum mendel dan
penyimpangan semu hukum mendel. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa
ditinjau dari aspek internal meliputi kesehatan (sangat berpengaruh), intelegensi
(berpengaruh), minat (berpengaruh), motivasi (berpengaruh), dan psikiatik
(berpengaruh). Sedangkan aspek eksternal yaitu keluarga (berpengaruh), sekolah
(berpengaruh), guru (berpengaruh), materi (berpengaruh) dan media lingkungan
(cukup berpengaruh).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aspek indikator pembelajaran, kesulitan belajar, ranah kognitif, pewarisan sifat hukum mendel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:19
Last Modified: 26 Mar 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61816

Actions (login required)

View Item
View Item