PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2024/2025

Simanjuntak, Nadya Febri Juniarta (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141021_Cover.pdf] Text
4203141021_Cover.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 4203141021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4203141021_Abstrak.pdf] Text
4203141021_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203141021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141021_Kata_Pengantar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4203141021_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141021_Daftar_Isi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203141021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141021_Daftar_Gambar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4203141021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141021_Daftar_Tabel.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4203141021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203141021_BAB_I.pdf] Text
4203141021_BAB_I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4203141021_BAB_V.pdf] Text
4203141021_BAB_V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4203141021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan daya ingat siswa pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan dengan jumlah 208 orang. Sampel penelitian berjumlah 68 orang yaitu kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model TGT dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Data diperoleh dengan instrumen tes berjumlah 30 soal yang telah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Hasil penelitian pada hasil belajar dengan menggunakan uji t (independent sample t test) memperlihatkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) < α (0,05), dengan thitung 2,984 > ttabel 1,996 sehingga Ha1 diterima. Sementara, hasil penelitian pada retensi siswa dengan menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) < α (0,05) yakni sebesar 0,000 sehingga Ha2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan kemampuan daya ingat siswa pada materi sel di kelas XI SMAN 11 Medan T.P 2024/2025

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar, kemampuan daya ingat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:54
Last Modified: 25 Mar 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61805

Actions (login required)

View Item
View Item