Suparlina, Melisa (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201141013_Cover.pdf
Download (55kB)
4201141013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (307kB)
4201141013_Abstrak.pdf
Download (33kB)
4201141013_Kata_Pengantar.pdf
Download (327kB)
4201141013_Daftar_Isi.pdf
Download (36kB)
4201141013_Daftar_Gambar.pdf
Download (30kB)
4201141013_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
4201141013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (30kB)
4201141013_BAB_I.pdf
Download (124kB)
4201141013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (658kB)
4201141013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
4201141013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201141013_BAB_V.pdf
Download (88kB)
4201141013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
4201141013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran buku saku yang dikembangkan pada materi ekosistem berdasarkan dosen ahli materi biologi 1 orang, dosen ahli pembelajaran 1 orang, dosen ahli media 1 orang, tanggapan guru bidang studi biologi 1 orang dan respon peserta didik X-3 sebanyak 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, tanggapan guru bidang studi, respon peserta didik terhadap buku saku. Hasil penelitian untuk penilaian ahli pembelajaran persentase skor 96,6% (sangat layak), penilaian ahli pembelajaran persentase skor 75% (layak), penilaian ahli media persentase skor 89,5% (sangat layak), tanggapan guru bidang studi dinyatakan dengan persentase skor 96,6% (layak), tanggapan peserta didik pada uji perorangan dengan sampel 5 orang sebesar 98,25% (layak), tanggapan peserta didik uji kelompok kecil dengan sampel 7 orang sebesar 94,75% (layak), dan tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok terbatas dengan sampel 35 orang sebesar 88,5% (layak). Tingkat efektivitas berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai sebanyak 0,78 yang dimana peningkatan hasil belajar berada pada kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar terjadi karena penggunaan Buku Saku pada siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Buku Saku tersebut membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran Ekosistem serta mendorong kemampuan siswa untuk belajar mandiri.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Buku Saku, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 06:47 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 08:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61798 |
