PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA

Suparlina, Melisa (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201141013_Cover.pdf] Text
4201141013_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4201141013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201141013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4201141013_Abstrak.pdf] Text
4201141013_Abstrak.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4201141013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201141013_Kata_Pengantar.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4201141013_Daftar_Isi.pdf] Text
4201141013_Daftar_Isi.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4201141013_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201141013_Daftar_Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4201141013_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201141013_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4201141013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201141013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4201141013_BAB_I.pdf] Text
4201141013_BAB_I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4201141013_BAB_V.pdf] Text
4201141013_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4201141013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201141013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran buku saku yang dikembangkan pada materi ekosistem berdasarkan dosen ahli materi biologi 1 orang, dosen ahli pembelajaran 1 orang, dosen ahli media 1 orang, tanggapan guru bidang studi biologi 1 orang dan respon peserta didik X-3 sebanyak 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, tanggapan guru bidang studi, respon peserta didik terhadap buku saku. Hasil penelitian untuk penilaian ahli pembelajaran persentase skor 96,6% (sangat layak), penilaian ahli pembelajaran persentase skor 75% (layak), penilaian ahli media persentase skor 89,5% (sangat layak), tanggapan guru bidang studi dinyatakan dengan persentase skor 96,6% (layak), tanggapan peserta didik pada uji perorangan dengan sampel 5 orang sebesar 98,25% (layak), tanggapan peserta didik uji kelompok kecil dengan sampel 7 orang sebesar 94,75% (layak), dan tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok terbatas dengan sampel 35 orang sebesar 88,5% (layak). Tingkat efektivitas berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai sebanyak 0,78 yang dimana peningkatan hasil belajar berada pada kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar terjadi karena penggunaan Buku Saku pada siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Buku Saku tersebut membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran Ekosistem serta mendorong kemampuan siswa untuk belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:47
Last Modified: 25 Mar 2025 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61798

Actions (login required)

View Item
View Item