Hutahaean, Melisa Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI PADA TUMBUHAN DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191141033_Cover.pdf
Download (120kB)
4191141033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (253kB)
4191141033_Abstrak.pdf
Download (65kB)
4191141033_Kata_Pengantar.pdf
Download (70kB)
4191141033_Daftar_Isi.pdf
Download (183kB)
4191141033_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
4191141033_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
4191141033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
4191141033_BAB_I.pdf
Download (343kB)
4191141033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
4191141033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (648kB)
4191141033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
4191141033_BAB_V.pdf
Download (114kB)
4191141033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (326kB)
4191141033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Klasifikasi pada Tumbuhan di kelas X. Penelitian ini didesain menggunakan metode Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pada metode Nonequivalent Control Group Design ini kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan ada bulan April sampai Mei 2024 di SMA Negeri 14 Medan. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol untuk pembanding dengan jumlah keseluruhan 72 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 25 soal. Pada kelompok kelas eksperimen setelah diberi dua kali test maka rata-rata yang dihasilkan yaitu: pada pretest rata-rata nilainya adalah 47,67 Seminggu kemudian diadakan post-test dan didapatkan rata-rata nilai79,56. Sedangkan pada kelompok kelas kontrol dapat dilihat bahwa dari dua kali test yang dilakukan di kelas kontrol menunjukkan bahwa pada pretest rata-rata nilainya adalah 48,11. Seminggu kemudian diadkan post-test dan didapatkan rata-rata nilai 55,78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data untuk uji hipotesis menggunakan uju t, menunjukkan bahwa nilai t-hitung 11,192 > 1,994 t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Klasifikasi pada Tumbuhan, Discovery Learning. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QK Botany |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 06:34 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 07:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61797 |
