sitohang, ince v (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUKMENINGKATKANHASILBELAJARSISWAPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 20 TOGUAN GALUNG KECAMATAN NAINGGOLANT.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311033_COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. NIM. 1123311033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM. 1123311033_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 1123311033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 1123311033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
6. NIM. 1123311033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 1123311033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123311033_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123311033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 1123311033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
11. NIM. 1123311033_BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
14. NIM. 1123311033_BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. NIM. 1123311033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuiapakah model pembelajaranproblem based learning dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa, dandapatmengetahuibagaimanapeningkatanhasilbelajarsiswadenganmenerapkan model pembelajaran problem based learning. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.Subjekpenelitianyaitukelas V SD Negeri 20 ToguanGalung yang berjumlah 26 siswa. Objekpenelitianadalahpenerapan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) padamateripenjumlahandanpenguranganduabentukpecahan (pecahanbiasadanpecahancampuran) berpenyebutsamadanberbedadi kelas V SD Negeri 20 ToguanGalungPadaTahunAjaran 2015/2016.
Padaawalpenelitiandilakukanobservasiterhadaphasilbelajarsiswadandiperoleh data bahwa rata-rata tesawalsiswaadalah 42,42. Setelahdiberikanperlakuanpadasiklus I denganmenerapkan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) makadiperoleh rata-rata hasilbelajarsiswapadapertemuan I sebesar 67,11. Iniberartiterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahdilakukantindakan. Karena rata-rata hasilbelajarsiswamasihbelummencapaikriteriaketuntasansekolahyaitu 70, makadilakukansiklus II. Rata-rata hasilbelajarsiswapadasiklus II adalah 80,00.
HasilbelajarMatematikasiswakelas V SD Negeri 20 ToguanGalungKecamatanNainggolansetelahditerapkan Model PembelajaranProblem Based Learning meningkatsebesar 24,69 yaitudari 42,42 sehinggamenjadi 67,11 yaitupadasiklus I danmeningkatsebesar 12,89 yaitumenjadi 80,00 padasiklus II. Sedangkanpeningkatanketuntasanklasikalyaitusebesar 23,08 % padatesawal, kemudiansebesar 50,00 % padasiklus I, dansebesar 84,62 % padasiklus II.
Dari hasilpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganduabentukpecahan (pecahanbiasadanpecahancampuran) di kelas V SD Negeri 20 ToguanGalungKecamatanNainggolanTahunAjaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 148 |
Keywords: | Problem Based Learning ; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 08:47 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6179 |