PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MERANTI

Sinambela, Innova Riana Yanti (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MERANTI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192017_Cover.pdf] Text
8216192017_Cover.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 8216192017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 8216192017_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192017_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8216192017_Abstrak.pdf] Text
8216192017_Abstrak.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 8216192017_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192017_Daftar_Isi.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8216192017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192017_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8216192017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 8216192017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192017_Daftar_Gambar.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 8216192017_BAB_I.pdf] Text
8216192017_BAB_I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 8216192017_BAB_V.pdf] Text
8216192017_BAB_V.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8216192017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model
pengembangan Dick dan Carrey untuk mengetahui (1) proses pengembangan
bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites, (2) bentuk pengembangan
bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites, (3) kelayakan pengembangan
bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites, (4) keefektifan pengembangan
bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) mengembangkan bahan ajar dengan lima tahapan ADDIE, (2) bentuk
produk berupa bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites memiliki
tampilan dan isi sesuai dengan prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan, (3)
kelayakan bahan ajar menulis cerpen dinyatakan layak untuk digunakan
berdasarkan validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi/materi,
kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian. Memperoleh skor rata-rata 88%
dengan kriteria “sangat layak”, ahli desain yang meliputi aspek kelayakan
kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 89% dengan kriteria “sangat layak”. Uji
coba siswa memperoleh skor rata-rata 82% dengan kriteria “sangat layak”, (4)
keefektifan bahan ajar menulis cerpen berbantuan google sites menunjukkan
peningkatan dari hasil pretes 66 menjadi hasil postes 85. Keseluruhan hasil
penelitian ini menunjukan bahan ajar menulis cerpen dinyatakan layak dan efektif
untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah
(1) bahan ajar yang dikembangkan memberikan sumbang praktis dalam
pelaksanaan pembelajaran, (2) bahan ajar yang dikembangkan dapat menambah
ilmu pengetahuan pada guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan
menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna, (3) bahan ajar yang
dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu materi ajar alternatif
pendamping pada materi teks cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Bahan ajar, menulis cerpen, berbantuan google sites.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:19
Last Modified: 21 Mar 2025 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61742

Actions (login required)

View Item
View Item