PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBENTUK DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH

Siagian, Hatari Marwina (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBENTUK DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216191002_Cover.pdf] Text
8216191002_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8216191002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216191002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216191002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216191002_Kata_Pengantar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8216191002_Abstrak.pdf] Text
8216191002_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8216191002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216191002_Daftar_Isi.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 8216191002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216191002_Daftar_Tabel.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8216191002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216191002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 8216191002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216191002_Daftar_Gambar.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 8216191002_BAB_I.pdf] Text
8216191002_BAB_I.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8216191002_BAB_V.pdf] Text
8216191002_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8216191002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216191002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Proses pembelajaran akan berlangsung secara menarik, terarah dan sesuai dengan yang ingin dicapai jika proses pembelajaran dapat tercipta secara efektif dengan menggunakan bahan ajar berbentuk digital. Bahan ajar digital dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar teks eksposisi berbentuk digital dan juga untuk mengetahui: (1) Hasil pengembangan bahan ajar berbentuk digital, (2) Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar berbentuk digital, (3) Efektivitas pembelajaran berbasis digital. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar teks eksposisi berbentuk digital. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 2 orang guru bahasa Indonesia dan 32 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Bahan ajar digital dikembangkan dengan model pengembangan Brog and Gall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Penelitian ini dilakukan sampai tiga tahap, yakni Tahap 1 Analisis, Tahap II Pengembangan Produk, dan Tahap III Pengembangan dan uji coba produk. (2) Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan presentase 85,2%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria baik dengan presentase 82,1%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria sangat baik dengan presentase 86,5%. Hasil validasi ahli media untuk penilaian keseluruhan produk memiliki kriteria sangat baik 93,4%. (3) Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan presentase 87,96% sedangkan efektivitas memahami teks eksposisi tanpa bahan ajar digital 59,06%. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai rata-rata belajar siswa meningkat dengan selisih 28,90%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk digital telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bagan Sinembah pada pembelajaran teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sia p
Keywords: bahan ajar, teks eksposisi, digital
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:09
Last Modified: 25 Apr 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61738

Actions (login required)

View Item
View Item