Ritonga, Riska (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GANJIL TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1-COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9-BAB I.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13-BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Uji kelayakan buku SMA Kelas XI yang ada di pasaran telah sesuai dengan standar BSNP; (2) Uji kelayakan buku oleh validator terhadap buku ajar kimia SMA/MA Kelas XI semester ganjil yang dikembangkan telah sesuai dengan standar BSNP; (3) Uji kelayakan buku oleh validator terhadap buku ajar kimia SMA/MA Kelas XI semester ganjil yang dikembangkan telah terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa; (4) Uji kelayakan buku oleh siswa terhadap buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester ganjil yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa; (5) Peningkatan hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester ganjil yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa; (6) Hasil belajar kimia siswa yang menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester ganjil terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa lebih baik dari nilai KKM. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (1) Buku kimia SMA/MA Kelas XI yang ada di pasaran sebanyak 4 buku; (2) Guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal S1 dan berpengalaman mengajar di sekolah sebanyak 10 orang, dosen kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal minimal S2 sebanyak 3 orang; (3) Kelas XI IPA-A yang diberi perlakuan pengajaran menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester Ganjil terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa berdasarkan kurikulum 2013. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji kelayakan buku yang ada di pasaran memenuhi kriteria valid dan perlu direvisi; (2) Uji kelayakan oleh validator terhadap buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh BSNP. (2) dan (3) Uji kelayakan oleh validator dan para siswa terhadap buku ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar penilaian rubrik nilai-nilai karakter yang dikembangkan. (4) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebesar 0,69 yang dikategorikan sedang. (5) Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh nilai sign<0,05 (0,011<0,05) penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester Ganjil terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa lebih baik dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Rit p |
Keywords: | Standar buku; Internalisasi; Buku ajar; Nilai karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 08:19 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6173 |