Wariastuti, Dini (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH ERA MERDEKA BELAJAR DI SMAS PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
8226122008_Cover.pdf
Download (140kB)
8226122008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (525kB)
8226122008_Kata_Pengantar.pdf
Download (96kB)
8226122008_Abstrak.pdf
Download (219kB)
8226122008_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
8226122008_Daftar_Tabel.pdf
Download (170kB)
8226122008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (153kB)
8226122008_Daftar_Gambar.pdf
Download (123kB)
8226122008_BAB_I.pdf
Download (758kB)
8226122008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226122008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226122008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226122008_BAB_V.pdf
Download (324kB)
8226122008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (392kB)
8226122008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
Abstract
Penelitian Pengembangan E-Modul Berbasis PJBL Menggunakan Book Creator pada Mata Pelajaran Sejarah Era Merdeka Belajar di SMAS Panca Budi Medan merupakan penelitian yang menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam bentuk E-Modul yang memuat ragam media pembelajaran yang dapat memfasilitasi gaya belajar peserta didik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menghasilkan produk pengembangan E-Modul menggunakan aplikasi Book Creator, (2)menganalisis kelayakan pengembangan E-Modul menggunakan Book Creator pada mata pelajaran sejarah era merdeka belajar di SMAS Panca Budi Medan, (3)menganalisis kepraktisan pengembangan E-Modul menggunakan Book Creator pada mata pelajaran sejarah era merdeka belajar di SMAS Panca Budi Medan, (4)mengetahui keefektifan pengembangan E-Modul menggunakan Book Creator pada mata pelajaran sejarah era merdeka belajar di SMAS Panca Budi Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkan hasil uji validitas ahli materi, E-Modul menggunakan Book Creator pada mata pelajaran Sejarah Era Merdeka Belajar sangat layak digunakan dengan perolehan rata-rata 90,7%. (2) Hasil uji validitas ahli media, E-Modul Berbasis PJBL menggunakan Book Creator pada mata pelajaran Sejarah sangat layak dengan perolehan rata-rata 93,1%, (3)Hasil uji validitas ahli design sangat layak dengan perolehan nilai 86%. (4) Berdasarkan percobaan yang dilakukan pada kelas eksperimen, di mana pembelajaran menggunakan E-Modul, diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik 92,93. (5) Hasil uji T dan N-Gain Score terhadap hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menunjukkan bahwa E-Modul efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah, di mana hasil uji Independent Samples Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,001, di mana 0,001 < 0,05 dan perolehan rata-rata uji N-Gain Score sebesar 83,33% dan berdasarkan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.33 War p |
| Keywords: | E-Modul, Merdeka Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:44 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61726 |
