PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK SD MENGGUNAKAN CANVA DI SEKOLAH DASAR

Murni, Deli (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK SD MENGGUNAKAN CANVA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122004_Cover.pdf] Text
8216122004_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8216122004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 8216122004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122004_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8216122004_Abstrak.pdf] Text
8216122004_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 8216122004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122004_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8216122004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122004_Daftar_Tabel.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 8216122004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216122004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8216122004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122004_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8216122004_BAB_I.pdf] Text
8216122004_BAB_I.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 8216122004_BAB_V.pdf] Text
8216122004_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 8216122004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Tematik Menggunakan Canva untuk meningkatkan kemampuan di Sekolah Dasar yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut: Tahap Analyze (analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Uji kelayakan dilakukan melalui validasi para ahli Materi Tematik, Ahli desain, Ahli media pembelajaran. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa mendapatkan skor rata- rata yang sangat baik. Sedangkan uji efektivitas dari 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan E-Modul, dan 21 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan buku teks. Hasil uji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar Tematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan E-Modul dan siswa yang belajar dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukan oleh perolehan data yaitu Pengujian hipotesis menggunakan Independent t- test mendapatkan hasil dimana data menunjukkan homogenitas dengan nilai uji sebesar 0,704 dan signifikansi 0,786, yang jauh lebih besar dari tingkat signifikansi alpha 5%. Dengan demikian, asumsi homogenitas terpenuhi, dan hasil uji menunjukkan nilai t sebesar 2,647 dengan signifikansi 0,012. Ketika taraf signifikansi ditetapkan pada alpha 5%, hasil pengujian menunjukkan bahwa signifikansi (0,012) lebih kecil daripada alpha (0,05). Selain itu, terlihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen (79,29) lebih tinggi daripada pada kelas kontrol (74,52). Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan E-modul Canva cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan buku cetak tematik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: E_Modul tematik, Canva, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:36
Last Modified: 21 Mar 2025 06:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61724

Actions (login required)

View Item
View Item