PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IIMSE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AK SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN

Tampubolon, Dayana Rebecca (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IIMSE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AK SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206121003_Cover.pdf] Text
8206121003_Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8206121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8206121003_Abstrak.pdf] Text
8206121003_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8206121003_Daftar_Isi.pdf] Text
8206121003_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8206121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8206121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8206121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 8206121003_BAB_I.pdf] Text
8206121003_BAB_I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 8206121003_BAB_V.pdf] Text
8206121003_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8206121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran IIMSE berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk R&D dengan model ASSURE. Model ini meliputi tahapan yaitu: subjek validator 1 orang ahli materi, subjek validator 1 orang ahli media, subjek validator 1 orang ahli desain pembelajaran, 3 orang siswa pada uji perorangan, 9 orang siswa pada uji kelompok kecil, dan 25 orang siswa pada uji lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran IIMSE berbasis multimedia interaktif layak digunakan untuk kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan berdasarkan validasi ahli materi pembelajaran sebesar 90,63 % berada pada kualifikasi sangat layak, ahli desain pembelajaran sebesar 86,7% berada pada kategori layak dan validasi ahli media sebesar 86,4% berada pada kategori sangat layak, uji coba perorangan sebesar 77,3% berada pada kategori layak, uji coba kelompok kecil sebesar 85,9% berada pada kategori sangat layak serta uji coba lapangan sebesar 94,6% berada pada kategori sangat layak. Hasil pengajuan hipotesis membuktikan bahwa model pembelajaran IIMSE berbasis multimedia interaktif layak digunakan pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang diberi treatment dengan menggunakan model pembelajaran IIMSE berbasis multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 4,36 pada taraf signifikansi α= 0,05 dengan df diperoleh t tabel =50, sehinga thitung > ttabel (5,63>1,63). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi treatment. Dengan demikian model pembelajaran IIMSE berbasis multimedia interaktif Pada Pembelajaran Akuntansi efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: IIMSE, Interaktif, Hasil Belajar, Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:29
Last Modified: 21 Mar 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61721

Actions (login required)

View Item
View Item