Sitanggang, Rotua Yohanna Oktavera (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMAS RK SANTA MARIA PAKKAT T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4192421010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Cover.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 4192421010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4192421010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Abstrak.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 4192421010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4192421010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Daftar_Isi.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 4192421010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Daftar_Gambar.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 4192421010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Daftar_Tabel.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 4192421010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 4192421010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_BAB_I.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 4192421010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_BAB_V.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 4192421010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMAS RK SANTA MARIA PAKKAT T.P 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretes – postes. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan XI MIA 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan oleh para ahli dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 61,67 dan 63,17. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak data pretes diperoleh �ℎ�����<������ (0,90<2,002) maka �0 diterima, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata – rata hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 73,38 dan 82,17. Pada pengujian normalitas dan dan homogenitas data postes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa �ℎ�����>������ (3,71>1,671) maka �� diterima, artinya ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di kelas XI SMAS RK SANTA MARIA PAKKAT T.P. 2023/2024. Nilai rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen selama pembelajaran berlangsung sekitar 71,9, termasuk dalam kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Gelombang Bunyi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 04:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61713 |